Fakultas Psikologi UGM Terajin

Tanggal merah bagi beberapa civitas akademika Fakultas Psikologi UGM tidak disambut terlalu antusias. Hal ini terjadi lantaran pihak fakultas memindahkan hari kuliah yang terpotong tanggal merah ke hari Sabtu. Kebijakan ini ditempuh agar kehadiran mahasiswa selama 14 kali pertemuan tercapai. Saya sendiri cukup setuju dengan sistem ini meskipun saya harus mengorbankan hari Sabtu untuk kuliah. Karena pihak fakultas mensyaratkan kehadiran 100% untuk nilai kehadiran A.

Berkaitan dengan masalah kehadiran, Fakultas Psikologi pernah membuat aturan yang cukup kontroversial. Salah satunya adalah kebijakan kehadiran 100% bagi mahasiswa. Jika mahasiswa tidak hadir sekali pada mata kuliah tertentu dengan alasan selain sakit, bisa dipastikan mahasiswa mengulang mata kuliah tersebut tahun depan.

Kalau untuk kebijakan kehadiran 100% saya sangat tidak setuju apa lagi jika alasan ijin tidak diberi kompensasi. Perlu diketahui bahwa fakultas tercinta ini paling lantang dalam menyuarakan soft skill bagi mahasiswa UGM. Alumni Fakultas Psikologi UGM yang telah menjadi Human Resources Development (HRD) di perusahaan-perusahaan besar banyak mengeluh karena mahasiswa UGM tidak memiliki soft skill yang handal. Soft skill ini diperoleh melalui pengalaman-pengalaman berorganisasi maupun kepanitiaan. Namun ada kesenjangan dengan sabda fakultas ini dengan kenyataan di lapangan.

Dengan kebijakan 100% dapat dipastikan mahasiswa yang ikut organisasi tidak dapat mengabdi penuh. Kuliah memang yang utama, tapi alangkah naifnya jika fakultas terkesan membatasi. Banyak sekali mahasiswa Psikologi yang menduduki jabatan strategis di beberapa UKM yang ada di UGM. Marching Band, Gama Cendekia, dan lain-lain. Ketika mereka tidak mengikuti suatu agenda penting dalam organisasi-organisasi tersebut dengan alasan mengejar target kehadiran 100%, apakah mahasiswa Psikologi bisa dipercaya untuk memiliki kontribusi yang meyakinkan?

Saat ini kebijakan kehadiran 100% tersebut telah direvisi kembali menjadi 75%. Namun Nilai kehadiran A tetap dipertahankan jika mahasiswa mengikuti 14 kali pertemuan. Jadi bagi yang tidak memenuhi target 14 kali, jangan harap bisa mendapat nilai A di akhir semester.

One thought on “Fakultas Psikologi UGM Terajin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s