Memang Hanya Kenawa

Kenawa gak ada apa-apanya.
Halah cuma pulau begituan doang sama bukit
Panas Kenawa itu bro

IMG_8509-02Yap, memang Kenawa, Sumbawa itu hanya sebuah pulau mungil dengan bukit yang sangat fotogenik. Itu saja? Kasarnya iya, tapi itulah yang membuat Kenawa menjadi menarik. Nothing island, but photogenic.

Pulau Kenawa terletak di ujung barat laut Pulau Sumbawa. Letaknya yang sangat dekat dengan Pulau Lombok membuat pulau ini begitu populer. Pulau Kenawa terletak dengan Pelabuhan Pototana, pelabuhan utama di Pulau Sumbawa menuju Lombok.

Dari Mataram saya berboncengan dengan Bang Galang, kenalanku ketika menikmati senja di Bukit Marese. Dengan motor racernya yang khas, kami ngebut menuju Pelabuhan Kahyangan. Di Aikmel kami berbarengan dengan 6 orang yang lain. Kami bersama-sama menuju Pelabuhan Kahyangan. Pelabuhan Kahyangan terletak di Lombok Timur. Pelabuhan ini melayani penyeberangan kapal fery dari Lombok menuju Pulau Sumbawa.

Seluruh motor yang kami bawa dititipkan di Pelabuhan Kayangan. Yeeee, saatnya menyeberang Selat Alas. Fery yang kami naiki berangkat pada pukul 14:00 WITA.

Tidak jauh dari Pelabuhan Khayangan, kami melihat ada pulau gosong alias pulau pasir yang akan muncul ketika laut sedang surut. Pulau Gosong bagi para traveller memang tampak indah. Namun tidak bagi para pelaut, Pulau Gosong bisa membuat Kapal Kandas. Pelayaran memakan waktu sekitar 2 jam.

Kapalku mulai meninggalkan Lombok

Kapalku mulai meninggalkan Lombok

Pulau Gosong dekat dengan Pelabuhan Khayangan

Pulau Gosong dekat dengan Pelabuhan Khayangan

Kenawa dengan bukitnya yang khas, terlihat ketika menyeberang menuju Sumbawa

Kenawa dengan bukitnya yang khas, terlihat ketika menyeberang menuju Sumbawa

Suasana di dalam kapal ferry Lombok-Sumbawa

Dari Pelabuhan Pototano, banyak warga yang menawarkan penyeberangan menuju Pulau Kenawa. Semua tawaran tersebut kami tolak karena kami sudah menghubungi salah satu nelayan yang akan mengantar kami ke Pulau. Kami menggunakan perahu kecil menuju Pulau Kenawa. Perjalanan ke Pulau Kenawa sekitar 15 menit.

Karena hari Sabtu, suasana di Kenawa lumayan ramai. Banyak pengunjung mendirikan tenda.  Kami langsung memilih lokasi yang dekat dengan pantai. Setelah tenda berhasil dibangun, beberapa orang dari kami langsung keluar menuju bukit. Sementara saya lebih memilih menikmati pemandangan dari bawah.

Hanya Kenawa

Sungguh, Senja di Kenawa itu sangat khas. Ketika matahari terbenam, pemandangan Kenawa menjadi lebih indah karena Gunung Rinjani mulai nampak. Cahaya bulan dan bintang juga menambah keindahan Kenawa. Di seberang selatan sana, aktivitas pelabuhan penyeberangan tiada henti nampak dari kelap-kelip lampu penerangan.

Kenawa ketika senja

Kenawa ketika senja

Pemandangan Kenawa di malam hari. Bintang dan Gunung Rinjani ikut-ikutan narsis

Pemandangan Kenawa di malam hari. Bintang dan Gunung Rinjani ikut-ikutan narsis

Memang ini hanya Kenawa, hanya sebuah pulau kecil dengan satu bukit yang menjadi iconnya.. Malam itu langit penuh awan sehingga galaksi Bimasakti menjadi tidak terlalu jelas. Untungnya cahaya bulan cukup terang sehingga memotret long exposure di Pulau Kenawa menjadi sangat dramatis.

Malam penuh keakraban di Kenawa

Malam penuh keakraban di Kenawa

Tak lupa mengucapkan Happy Wedding Day buat temen kostku. Sorry bro gak bisa dateng.

Tak lupa mengucapkan Happy Wedding Day buat temen kostku. Sorry bro gak bisa dateng.

Malam semakin larut. Karena langit tidak kunjung sepi dari awan, saya memutuskan untuk tidur. Sementara yang lain? Masih bercengkerama hingga pagi. Luar biasa. Hehehehehe. Yang saya suka dari Kenawa adalah rumput empuknya. Rumputnya tidak keras dan tidak menyakitkan. Untuk menghindari debu, saya mendirikan tenda di atas rumput. Walaupun tanpa matras, kondisi untuk tidur nyaman sekali, empuk seperti bantal.

Masih bilang Kenawa itu pulau mungil? hehehe

Masih bilang Kenawa itu pulau mungil? hehehe

Fajar di Kenawa lebih keren lagi. Ketika fajar ini lah momen paling fotogenik dari pulau mungil ini terjadi. Matahari menyinari padang rumput dan bukit tunggalnya dengan sempurna. Puas menikmati Kenawa dari bawah, saya melangkah menuju puncak.

Walau bukit, tetap jangan meremehkan

Walau bukit, tetap jangan meremehkan

Meski hanya bukit, jangan meremehkan tanjakan curam menjelang puncak. Jika tidak hati-hati, dijamin akan jatuh terguling-guling ke bawah. Beberapa orang sudah tiba di puncak sambil berfoto ria.

Pemandangan permadani Kenawa

Pemandangan permadani Kenawa

Jangan khawatir dengan julukan pulau sepi. Karena di Pulau Kenawa sendiri tersedia beberapa gazebo, Pedagang makanan dan minuman seperti mie instan, kopi dan snack cukup banyak tersedia. Jadi tidak perlu khwatir tidak membawa bekal dari darat.

Yang sangat minim dari Kenawa adalah fasilitas MCK. Pengunjung yang datang harus mencari trik buang air dengan bijak. Jika memang ingin mandi, pedagang minuman dan makanan yang saya sebutkan tadi siap memfasilitasi dengan tarif 15 ribu. Mahal banget?? Jelas, karena kita akan mandi dengan air galon yang dibawa dari pulau. Hehehehe

Sebelum siang, kami memutuskan untuk segera kembali ke Lombok. Sayang sekali kami tidak melakukan kegiatan snorkelling. Padahal, terumbu karang di sekitar Kenawa lumayan bagus. Yang pasti saya akan kesini lagi dan semoga bisa menyempatkan diri buat menikmati keindahan bawah air kenawa.

Perjalanan penyeberangan menuju Lombok kali ini lebih seru, Gelombang di Selat Alas cukup tinggi ke arah utara. Kapal feri bergoyang cukup parah dan membuat beberapa penumpang mual dan pusing. Kapal tidak bisa langsung lurus mengarah Pelabuhan Kahyangan, melainkan harus melambung ke arah utara.

Setelah tiba di Pulau Lombok, saya dan rombongan berpisah. Saya memutuskan ke Mataram dengan menumpang mobil pegawai ASDP.

Terima kasih kawan tas perjalanan yang sangat menyenangkan ini

Terima kasih kawan tas perjalanan yang sangat menyenangkan ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s