Bersepeda Ke Taman Laut Sekotong, Lombok Barat #ExploreLombok

“Karena tempat tujuan saya ini sangat indah dan merupakan kumpulan banyak gili, saya akan menyebutnya Taman Laut Sekotong #SakPenakeDhewe”

Istirahat dulu setelah menanjak tajam di jalan raya Lembar-Sekotong

Tak ada hal yang lebih mengesankan, kecuali bersepeda menikmati Lombok

Rencana ini sudah aku susun berhari-hari. Bersepeda ke Sekotong dari Mataram adalah hal yang sangat gila bagi beberapa orang. Sulit mengajak orang-orang untuk pergi dengan bersepeda. Bagi mereka jauh, tapi bagi saya, Lombok tetaplah kecil, apalagi Mataram ke Sekotong hanyalah bagiannya.

Saya berangkat kira-kira pukul 06:oo WITA. Memang harus pagi, karena jaraknya ya lumayan. Dari Mataram saya memilih Jalan Baru menuju Gerung. Jalan ini sangat fotogenik, lebar, dan relatif sepi, apalagi Sabtu Pagi

Matahari terbit dari kaki pegunungan yang terlihat di utara kota Mataram. Gambar di ambil di jalan baru Mataram-Gerung

Matahari terbit dari kaki pegunungan yang terlihat di utara kota Mataram. Gambar di ambil di jalan baru Mataram-Gerung

Seorang bapak menikmati pagi di Jalan baru Mataram-Gerung. Tampak pegunungan di selatan Kota Mataram

Seorang bapak menikmati pagi di Jalan baru Mataram-Gerung. Tampak pegunungan di selatan Kota Mataram

Di jalan baru ini tiba-tiba kabut menyergap. Kabut membuat jarak pandang menjadi terbatas, mungkin hanya sekitar 100 meter sehingga kendaraan harus menyalakan lampunya untuk menghindari kecelakaan.

Kabut mulai melahap Jalan Baru Mataram-Gerung

Kabut mulai melahap Jalan Baru Mataram-Gerung

Bundaran Gerung yang terlihat samar-samar diselimuti kabut

Bundaran Gerung yang terlihat samar-samar diselimuti kabut

Sampai di kawasan Lembar, saya menyempatkan diri untuk sarapan. Kali ini menunya nasi campur ayam, daging sapi, sayur dan teh hangat dengan harga yang murah, gak sampai 20 ribu.

Lighting of Nature di jalan Lembar-Sekotong

Lighting of Nature di jalan Lembar-Sekotong

Kapal Ferry penyeberangan sedang 'ngerumpi' di Perairan Pelabuhan Lembar

Kapal Ferry penyeberangan sedang ‘ngerumpi’ di Perairan Pelabuhan Lembar

Dermaga kayu di kawasan Pelabuhan Lembar, Lombok

Dermaga kayu di kawasan Pelabuhan Lembar, Lombok

Jalan Lembar Sekotong lumayan berbukit-bukit. Walaupun mulai melelahkan, saya sangat menyukai pemandangan di jalur ini. Apalagi bisa melihat kapal-kapal penyeberangan ke Bali, mengingatkan saya dengan suasana pelabuhan Bolok di Kupang.

Istirahat dulu setelah menanjak tajam di jalan raya Lembar-Sekotong

Istirahat dulu setelah menanjak tajam di jalan raya Lembar-Sekotong

1 (12)

Memasuki Batu Kijuk Sekotong, pemandangannya kok jadi keren ya,, hehehe

Memasuki kawasan Batu Kijuk, saya melipir ke arah Baliho CV. Maju Jaya Mandiri yang menyediakan penyeberangan ke kawasan Gili di Sekotong. Karena seorang diri, saya harus menunggu orang lain yang bersedia sharing dengan saya. Untung lah saya bertemu dengan Bang Adi, Bang Anjar, Bang Dedi dan Hairil yang akan mendokumentasikan pesona gili di Taman Laut Sekotong.

Di Batu Kijuk inilah perahu yang akan membawa kami ke Kawasan Taman Laut Sekotong bersandar

Di Batu Kijuk inilah perahu yang akan membawa kami ke Kawasan Taman Laut Sekotong bersandar

Mulailah saya dan sahabat-sahabat baru saya ini, berkelana menuju gili-gili di taman laut Sekotong

Gili Penyu, karena memang bentuknya mirip penyu

Gili Penyu, karena memang bentuknya mirip penyu. Karena pantainya curam, kita tidak mendarat disini. Cukup dinikmati saja dari lautan.

Warnanya toska, seperti inilah kawasan Taman Laut Sekotong

Warnanya toska, seperti inilah kawasan Taman Laut Sekotong

Pak Eko sang nahkoda dan anak buahnya sedang menambatkan perahu, Pak Eko ini yang paling semangat menceritakan kondisi Taman Laut Sekotong

Pak Eko sang nahkoda dan anak buahnya sedang menambatkan perahu, Pak Eko ini yang paling semangat menceritakan kondisi Taman Laut Sekotong

Gili Lontar, pulau sepi, tak berpenghuni tapi cantik

Gili Lontar, pulau sepi, tak berpenghuni tapi cantik

Bang Anjas tampak memotret di Gili Lontar

Bang Anjas tampak memotret di Gili Lontar

Sisi lain Gili Lontar

Sisi lain Gili Lontar

Foto saya di perahu yang bersandar di Gili Layar

Foto saya di perahu yang bersandar di Gili Layar

Akhirnya bisa snorkeling di kawasan Gili Layar

Akhirnya bisa snorkeling di kawasan Gili Layar

Terumbu karang di Gili Layar, FREAK, sayang kamera saya 'jelek' hmmmm

Terumbu karang di Gili Layar, FREAK, sayang kamera saya ‘jelek’ hmmmm

Andai skill menyelam saya kayak Pak Eko, pasti terumbu karang di Gili Kedis ini bisa saya dokumentasikan dengan baik

Andai skill menyelam saya kayak Pak Eko, pasti terumbu karang di Gili Kedis ini bisa saya dokumentasikan dengan baik

Kulit menjadi gelap tak mengapa

Kulit menjadi gelap tak mengapa

Foto saya dari Gili Rengit, di Gili ini sempat ada tempat buat judi, tapi di tolak oleh warga

Foto saya dari Gili Rengit, di Gili ini sempat ada tempat buat judi, tapi di tolak oleh warga

Memasuki Gili Asahan, yaaak beginilah kira-kira indahnya

Memasuki Gili Asahan, yaaak beginilah kira-kira indahnya

IMG_4257-01

Bersantai sejenak di Gili Asahan, gili tempat budidaya kerang Mutiara, saya suka sekali suasana disini, tenang dan keren

Gili Kedis, Pulau mungil berbentuk hati. Gak percaya? Coba potret dari atas pakai drone, hehhe

Gili Kedis, Pulau mungil berbentuk hati. Gak percaya? Coba potret dari atas pakai drone, hehhe

Senja dari Gili Kedis

Senja dari Gili Kedis

Krisna Bungalow & Restaurant, khas rumah Sasak, walaupun yang punya orang bali, heheh

Krisna Bungalow & Restaurant, khas rumah Sasak, walaupun yang punya orang bali, heheh

Menikmati pagi nan syahdu dari Krisna Bungalow & Restaurant

Menikmati pagi nan syahdu dari Krisna Bungalow & Restaurant

Terima kasih kepada Bang Adi, Bang Anjas, Bang Dedi dan Hairil, yang bersedia menampung saya. Beruntung sekali saya bisa mengenal kalian

Terima kasih kepada Bang Adi, Bang Anjas, Bang Dedi dan Hairil, yang bersedia menampung saya. Beruntung sekali saya bisa mengenal kalian

 

Rute Sepeda

Picture1.png

Jarak tempuh Mataram – Batu Kijuk, Sekotong sekitar 50,3 KM

 

 

 

Leave a Reply

