Menikmati Jakarta International 10K 2015

Sempat bermasalah dengan kram perut, akhirnya dapat juga medali :)

Sempat bermasalah dengan kram perut, akhirnya dapat juga medali🙂

Inilah even lari yang paling saya tunggu, Jakarta International 10K. Lari jarak jauh 10 km ini diselenggarakan dalam rangka Hari Ulang Tahun Jakarta. Penyelenggaranya tentu saja dari Pemerintah Provinsi Jakarta untuk masyarakat umum. Saya pertama kali mengikuti even ini pada tahun 2005 ketika kelas satu SMA. Saat itu lari 10 Km mungkin masih dianggap sangat berat dan belum terlalu populer seperti sekarang. Even Jakarta 10 K saat itu lebih mirip lomba gerak jalan sehat, mungkin hanya seperempatnya yang betul-betul lari dari start hingga finish.

Pada tahun 2015 ini Jakarta 10 K menggunakan rute baru. Biasanya Jakarta 10 K melewati jalan protokol Monas – Thamrin – Sudirman. Karena tahun ini sedang dilakukan pengerjaan MRT alias kereta bawah tanah, jalur lari diubah melewati Monas – Jalan Abdul Muis – Gadjah Mada – Hayam Wuruk dan kembali ke Monas. Waktu penyelenggaraannya pun dimajukan menjadi bulan Mei, mengingat bulan Juni sudah memasuki Puasa.

Antusias masyarakat untuk mengikuti even lari 10 K ini sangat tinggi. Saya sempat kehabisan kuota daftar online karena banyaknya masyarakat yang mendaftar. Namun panitia masih berbaik hati memberikan kesempatan  untuk mendaftar offline di PB PASI Senayan. Dan beruntungnya PB Pasi dekat dengan kantor saya🙂.

Mengingat jarak rumah cukup jauh dengan Monas, saya memutuskan untuk datang pukul 05:30. Sampai di area starting, kondisinya masih cukup sepi. Saya berdiri dekat dengan pelari buzzer dari teman-teman Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta (UNY). Dulu ketika tahun 2005 start dimulai pukul 06:00 tepat. Sementara di tahun 2015 ini startnya pukul 06:30.

Pelepasan pelari dilakukan oleh Gubernur DKI Ahok yang terkenal galaknya😀. Tapi saya lihat di tribun, Beliau sangat ramah😀. Seperti biasa, sempat ada adegan dorong-dorongan begitu aba-aba dimulai. Yaa inilah serunya Jakarta 10K. Ribuan orang berlari dengan suasana hening. Keren lah ikut beginian.

Di kilometer dua sampai tiga, tiba-tiba perut saya kram. Saya menjadi sulit berlari. Karena semakin saya cepat, otot perut makin melilit. Akhirnya saya menurunkan kecepatan hingga berjalan kaki beberapa ratus meter sambil browsing di Google, cara mengatasi kram perut. Karena jaringan sinyal Thre* yang ancur, Saya pasrah menjadikan 10 K ini gerak jalan😥. Aaah rasanya gak ikhlas menjadi gak maksimal di even tahunan ini. Masa iya, 80% dari total jarak lari ini harus berjalan kaki.

Setelah coba merilekskan pikiran, mengatur nafas, dan memberi kesempatan otot perut untuk longgar, kondisi saya semakin baik. Saya mengawali dengan lari-lari kecil. Setelah sudah merasa tidak ada masalah, saya memberanikan diri mempercepat lari. Yeaah, ajaib perut saya menjadi sangat sehat,  terima kasih Allah, saya bisa berlari normal kembali, bahkan lebih cepat, bisa mendahului bapak-bapak tentara yang di awal berlari sangat kencang. Di kilometer terakhir, para panitia bersorak memberikan semangat kepada para peserta. Tiba di kawasan Patung Kuda dan Arjuna, saya melihat papan finish dari kejauhan. Dengan memaksimalkan tenaga yang ada, saya lari sekencang-kencangnya. Akhirnya saya menyelesaikan finish. Saya beruntung bisa mendapatkan medali, padahal menurut forum lari di Facebook, orang-orang yang dapat medali ini adalah mereka yang berlari 10 Km kurang dari 58 menit🙂. Medali adalah bonus & saya tidak peduli mau dapat medali atau tidak, bagi saya kepuasan berlari itu adalah ketika kita fair, tidak memotong jalan, dan sambil menikmati suasana Jakarta yang bebas kendaraan bermotor.

Pak  Edy Johan yang tetap semangat berlari menggunakan kursi roda

Pak Edy Johan yang tetap semangat berlari menggunakan kursi roda

Overall, saya puas dengan penyelenggaraan Jakarta International 10 K 2015. Ambulan dan petugas banyak disebarkan di rute lari. Padahal ketika kram perut, sempat berpikir memutuskan untuk berhenti di ambulan😀. Setelah lari peserta juga mendapatkan air minum, pisang kuning yang besar dan Milo dua gelas kecil. Meski demikian ada catatan yang saya berikan terhadap jalur baru Jakarta 10 K 2015 yang melewati jalan Hayam Wuruk & Gadjah Mada. Apa itu? Yaps, bau saluran air  yang sangat menusuk. saluran air ini berada di tengah-tengah Jalan Gadjah Mada dan Hayam Wuruk. Petugas menghimbau pelari mengambil sisi jalur paling kanan yang berbatasan dengan sungai. Karena bau busuk yang menyengat saya tetap berlari di jalur paling kiri yang ternyata masih belum steril karena kendaraan bermotor masih bisa melintas.

Suasana pembagian Susu oleh Milo. Saya ambil dua (dua kali maksudnya) hehe maaf ya Panitia

Suasana pembagian Susu oleh Milo. Saya ambil dua (dua kali maksudnya) hehe maaf ya Panitia

Jakarta International 10K 2015 ini penuh pelajaran bagi saya🙂 Jangan pernah menyerah jika merasakan hambatan, tenangkan pikiran, dan perlahan-lahan kejarlah mereka yang mendahuluimu.

Semoga Jakarta International 10 K tetap sukses di masa mendatang dan tetap gratis😀. Karena bagi saya Jakarta Running Tradition adalah ketika Jakarta 10 K ini berlangsung. Semua boleh berpartisipasi sekaligus merayakan ulang tahun kota tercinta.

2 thoughts on “Menikmati Jakarta International 10K 2015

  1. Saya juga pernah disuruh ikut ini waktu SMA dulu sama guru OR😀 (tapi di tahun 2002–beda angkatan) setuju, Jitenk ini even lari yg paling ‘Jakarta banget’. Belom tergantikan meskipun sama Jakmar.

    Salam kenal yaa

    • Iya Mbak, mungkin karena faktor gratisnya orang-orang yg tadinya awam dengan lari jadi interest. Dan meskipun gratis acaranya tetap berkelas,, paling seru memang Jitenk, mungkin yang hampir mendekati ya Independence Run,,

Leave a Reply

