Menikmati Untung Jawa

Pulau Untung Jawa

Pulau Untung Jawa

Setelah hidup di Pulau Rote selama setahun, saya jadi tahu apa yang membuat pantai tampak sangat biru dan indah. Yang pertama adalah tidak ada muara sungai. Sungai membawa endapan lumpur dari hulu menuju hilir. Sejernih-jernihnya sungai, tetap saja akan membawa material tanah yang membuat pantai tampak kotor. Yang kedua adalah mendung. Jika ingin ke pantai untuk melihat birunya air laut, jangan pergi ketika cuaca sedang mendung. Pada saat mendung, Pantai Nemberala di Rote dan Pantai Tanjung Pasir di Tangerang akan terlihat sama🙂

Siapa yang tahu Pantai Tanjung Pasir? Tanjung Pasir adalah kawasan pantai yang terletak di Kabupaten Tangerang. Dari Bandara Soekarno Hatta, Tanjung Pasir dapat ditempuh melalui jalur darat sepanjang 18 km dengan kondisi jalan lumayan baik. Air laut di Tanjung Pasir sangat kotor karena dekat dengan muara Sungai Cisadane, salah satu yang cukup besar di Pulau Jawa. Jika ingin melihat air laut yang (relatif) jernih, silakan menyeberang ke Pulau Untung Jawa. Tanjung Pasir adalah pelabuhan utama menuju Pulau Untung Jawa yang merupakan salah satu pulau wisata di Kepulauan Seribu.

Perimeter Selatan Bandara Internasional Soekarno Hatta di kala fajar

Perimeter Selatan Bandara Internasional Soekarno Hatta di kala fajar

Beberapa minggu lalu saya pergi ke Pulau Untung Jawa dengan menggunakan sepeda. Tentu saja sepedanya tidak ikut menyeberang, melainkan saya parkir di Pos TNI AL Tanjung pasir. Dari rumah, saya melewati Bandara Soekarno Hatta yang pagi itu terasa sangat sejuk. Karena sedang dibangun jalur kereta bandara, seluruh kendaraan yang akan menuju Tangerang melalui Bandara Soekarno Hatta dialihkan melalui jalur perimeter. Jalur perimeter adalah jalan yang mengelilingi kawasan Bandara Soekarno Hatta. Ada dua jalur perimeter yaitu perimeter utara dan perimeter selatan. Mengingat perimeter utara sedang ada perbaikan jalan, saya melalui jalur perimeter selatan.

Setelah keluar dari kawasan bandara, akses menuju Tanjung Pasir dapat dilalui melalui Jalan Marsekal SUryadharma ke arah utara. Kondisi jalan cukup baik dan datar. Mendekati kawasan Tanjung Pasir kita akan menjumpai lahan tambak bandeng. Di tepi jalan banyak sekali penjual udang hidup dan ikan untuk umpan memancing di laut.

Setelah sampai di Tanjung Pasir, saya menyeberang ke PUlau Untung Jawa menggunakan kapal yang cukup menampung 30 orang. Penyeberangan menuju Pulau Untung Jawa memakan waktu antara 30-45 menit. Kondisi ombak saat itu sangat tenang dan kita dapat melihat banyak burung laut berterbangan.

IMG_0503

Kapal-kapal yang mengangkut pengunjung menuju Untung Jawa

Banyak ubur-ubur berenang di Pantai Tanjung Pasir

Banyak ubur-ubur berenang di Pantai Tanjung Pasir

Pada saat saya tiba di dermaga Pulau Untung Jawa, sudah banyak pengunjung yang datang. Sebagian besar dari mereka berasal dari Jakarta yang ingin mengusir kepenatan dengan menikmati suasana yang berbeda. Saya lalu berkeliling pulau yang ternyata cukup padat penduduknya.

Dermaga Untung Jawa

Dermaga Untung Jawa

Kawasan perumahan penduduk dan penginapan

Kawasan perumahan penduduk dan penginapan

Pulau Untung Jawa memiliki beberapa tempat menarik untuk di kunjungi. Dermaga berada si sebelah selatan pulau. Disinilah tempat yang paling ramai oleh pengunjung untuk menikmati jernihnya air laut. Kita dapat melihat penyedia jasa olahraga air seperti banana boat.

Di bagian barat, banyak orang-orang yang melakukan aktivitas memancing. Sebagian besar ikan yang mereka dapat adalah jenis kerapu berukuran kecil.

Pantai di timur Pulau Untung Jawa

Pantai di timur Pulau Untung Jawa

Di bagian utara pulau, kita dapat menikmati suasana hutan mangrove. Tersedia jembatan yang melalui tengah-tengah hutan hingga bibir pantai. Kita dapat melihat beberapa satwa khas Untung Jawa seperti biawak.

Hutan Mangrove

Hutan Mangrove

Di bagian barat kita dapat melihat Pulau Rambut yang merupakan habitat dari berbagai macam burung laut. Jarak antara Pulau Rambut dengan Pulau Untung Jawa sekitar 900 meter. Di tepi pantai banyak penjual makanan lesehan serta oleh-oleh.

Pulau Rambut di seberang

Pulau Rambut di seberang

Pulau Untung Jawa adalah salah satu pulau favorit wisatawan yang ada di Kepulauan Seribu. Sayangnya kebersihan pulau ini masih jauh dari kata ideal. Banyak sampah berserakan baik di pantai maupun di daratan. Di hutan mangrove sampah dibiarkan begitu saja. Padahal jika dikelola dengan baik, Untung Jawa dapat menjadi destinasi andalan Pemprov DKI karena lokasinya yang sangat dekat dengan daratan Pulau Jawa.

Biawak yang berprofesi sebagai 'pemulung'

Biawak yang berprofesi sebagai ‘pemulung’

One thought on “Menikmati Untung Jawa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s