Jalur Penyelamat

Suasana di dalam TransJakarta Koridor I, tampak kemacetan di depan Stasiun Jakarta Kota

Suasana di dalam TransJakarta Koridor I, tampak kemacetan di depan Stasiun Jakarta Kota

Sore itu Jalan Hasyim Ashari Harmoni-Roxy macet cukup parah. Semua kendaraan nyaris diam bermenit-menit. Jalan ini pada sore hari terkenal karena kemacetannya yang luar biasa. Pangkal kemacetan ada di mulut flyover Roxy, dimana tiga lajur kendaraan berebut masuk flyover, untuk menghindari perlintasan rel kereta api. Aku yang berdiri menghadap jendela sebelah kiri bus melihat sebuah ambulan dengan sirine yang meraung-raung, mencoba menembus kemacetan. Namun apa daya, kemacetan terjadi di seluruh ruas jalur yang ada. Entah bagaimana perasaan seseorang yang harus diselamatkan sesegera mungkin.

Semua kendaraan jenis apapun baik mobil, motor, termasuk TransJakarta tujuan Kalideres yang aku tumpangi mustahil bisa menembus kemacetan di jalur ini. Padahal angkutan umum ini memang sengaja di desain untuk bebas hambatan karena melaju di jalur khusus yang disebut busway. Jalan Hasyim Ashari memang cukup sempit apalagi sebagian badan jalan sudah dijadikan jalur TransJakarta.

Sebetulnya Pemda DKI sudah sering melakukan sterilisasi jalur TransJakarta. Aturannya pun sudah jelas tertera di Pasal 287 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Mungkin karena tidak konsisten, pelanggaran tersebut seperti penyakit yang sering kambuh.

Seandainya aturan ini ditegakkan dan jalur TransJakarta steril meskipun dijalur sebelahnya macet, jalur busway bisa menjadi penyelamat banyak orang. Selain TransJakarta, hanya ambulan yang bertugas mengurus orang sakit serta mobil pemadam kebakaran yang sedang menjalankan tugasnya, yang boleh melintas di jalur busway.

Alasan banyak pengendara yang menerobos jalur busway adalah untuk menghindari macet. Namun akibat perilaku tidak tahu aturan ini, kemacetan malah mengorbankan mereka yang memilih menggunakan moda transportasi umum. Jalur penyelamatpun ikut dikorbankan, sehingga mereka yang rumahnya terbakar atau yang sedang sakit, akan terlambat mendapatkan pertolongan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s