Berlian Fajar

Paul paling kiri

Paul paling kiri

 

Namanya Paul, dia siswa kelas II SD Inpres Batulai. Sejak pertama di Rote, anak ini selalu menarik perhatianku. Dia selalu datang ke sekolah pada pagi hari. Jarak rumahnya agak jauh dari sekolah. Oleh sebab itu ayahnya yang mengantarkan Paul dengan sepeda motornya menyusuri jalanan Desa Kuli yang rusak parah.

Paul bertubuh kecil dan memiliki wajah yang menggemaskan. Berbeda dengan wajah anak-anak Rote yang lain, wajah Paul lebih mirip dengan anak suku Dayak di KalimantanšŸ˜€. Penampilan Paul relatif lebih rapih dibandingkan dengan teman-teman seusianya di sekolah. Ia tampil khas dengan tas ransel berwarna merah. Dia tidak pernah kapok datang paling awal di sekolah meskipun seluruh pintu kelas terkunci. Paul pun sibuk membersihkan teras kelas untuk duduk yang terkadang penuh dengan kotoran kambing.

Paul telah memberikan inspirasi kepada banyak orang. Targetku untuk selalu datang paling awal di SD Inpres Batulai seringkali gagal karena Paul datang lebih dahulu. Tidak jarang kami mengobrol bersama meski hanya menanyakan apa sarapan paginya dan rumahnya dimana. Paul mungkin belum terbiasa dengan bahasa Indonesia yang baku sehingga agak kesulitan mendengarkan pertanyaanku dengan jelas. Namun sebagai anak kelas II di daerah terpencil, prestasi dia lumayan baik. Paul sudah bisa membaca.

Keinginan untuk datang pagi jauh sebelum bel berbunyi mungkin atas inisiatif orang tua Paul, bukan 100% keinginan anak lucu itu. Namun inisiatif orang tua Paul layak dibanggakan ketika sikap menghargai waktu di negeri ini amat mahal harganya. Semoga Paul bisa menebar inspirasi bagi siapapun di sekolah ini, baik kepada teman-temannya maupun para guru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s