Terkesan Dengan Pengadilan Mandiri di Desa Kuli

Desa Kuli yang rimbun dan anak-anaknya yang super asik

Desa Kuli yang rimbun dan anak-anaknya yang super asik

Di Desa Kuli, aku menemui kejadian menarik. Ketika teman-teman Pengajar Muda sedang berkunjung ke rumah ku di Kampung Batulai, Desa Kuli, terlihat sekelompok masyarakat sedang berkumpul membahas suatu hal. Melihat ekspresi wajah mereka, sesuatu yang mereka bahas sepertinya adalah hal yang cukup serius. Opa memberitahu bahwa telah terjadi permasalahan rumah tangga yang dapat dianggap melanggar norma adat maupun agama di desa ini. Oleh karena itu, tokoh masyarakat dan perangkat kampung melakukan musyawarah untuk turut serta dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi.

Dua hari kemudian pihak-pihak yang bermasalah sepakat untuk menyelesaikan masalah ini. Untuk membuat hubungan silaturahmi berjalan baik, mereka sepakat melakukan ‘selamatan’ berupa makan-makan yang dihadiri oleh pengelola gereja, tokoh masyarakat dan perangkat desa. Acara dilakukan pada malam hari. Pengelola gereja mengawali dengan doa bersama dan mengajak masyarakat yang hadir untuk selalu menjaga perilaku agar tidak merugikan orang lain dan diri sendiri.

Saat ini, kebanyakan masyarakat lebih memilih solusi instan dalam menyelesaikan masalah. Tidak jarang, kekerasan adalah jalan yang dipilih yang pada akhirnya akan membuat runyam masalah. Ada ungkapan, semakin tinggi tingkat kesejahteraan seseorang maka penyelesaian masalah selalu dilakukan dengan cara-cara yang elegan. Namun aku melihat bahwa kecerdasan dalam menyelesaikan masalah tidak diukur berdasarkan nilai rupiah yang dimiliki seseorang. Di desa terpencil nun jauh di ujung selatan ini aku menemui masyarakat yang sedang mengamalkan sila keempat Pancasila. Memperhatikan cara mereka menyelesaikan masalah itu hanya sebuah kata yang pantas untuk mereka, elegan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s