KITA HANYA BERKELANA DI PEKARANGAN KAWAN!

Menikmati malam-malam terakhir

Menikmati malam-malam terakhir

Tujuh minggu pelatihan intensif sudah kami lalui. AKhirnya, masa-masa yang mendebarkan tiba, deployment alias pemberangkatan. Perasaan menjadi tidak menentu, antara tidak sabar untuk segera tiba di lokasi penempatan mengajar atau ketidakrelaan meninggalkan zona nyaman di Pulau Jawa. Bagi ku itu semua adalah wajar. Manusia memang perlu adaptasi untuk menikmati perubahan. Seperti hukum alam, siapapun yang tidak dapat menyesuaikan diri dengan baik, akan kesulitan, dan pada akhirnya tersisih.

Waktu tujuh minggu menjadi tidak terasa karena kami sangat menikmatinya. Hidup bersama dengan 73 orang dengan karakter yang unik sangatlah menyenangkan. Selama pelatihan intensif selalu saja ada hal-hal baru yang aku dapatkan baik dari rekan-rekan yang luar biasa atau fasilitator yang dengan sabarnya membimbing kami. Diriku merasa bangga bahwa tujuh minggu masa pelatihan dilalui dengan toleransi, tenggang rasa, dan persaudaraan yang erat. Jatiluhur, Karembi dan Rancaupas menjadi saksi bisu perjuangan kami melewati masa-masa pelatihan intensif ini.

Malam ini, saat tulisan ini dibuat, sudah ada tiga kelompok penempatan yang berangkat, yaitu Bawean, Fakfak dan Maluku Tenggara Barat. Suasana haru mewarnai detik-detik keberangkatan para Pengajar Muda. Kami akan bertemu lagi setahun kemudian, dan berharap dalam pertemuan itu setiap orang hadir dengan cerita dan inspirasi. Meski hanya tujuh minggu lamanya, pelatihan tersebut terbukti mengukir persaudaraan kami. Wisma Handayani makin sepi. Celotehan konyol itu sudah mulai jarang terdengar.

Teman-teman, sebenarnya tidak ada yang perlu kita takutkan pada situasi ini. Kita hanya berkelana di dalam pekarangan rumah kita Indonesia sambil berusaha mencari berlian yang terserak di antara dedaunan. Usaha kecil yang kita lakukan merupakan gerakan kongkrit dalam melunasi janji kemerdekaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s