Pantai Depok dan Sajian Makanan Lautnya

Sentra Penjualan Hasil Laut Pantai Depok

Pantai Depok merupakan salah satu dari rangkaian pantai wisata yang ada di sebelah selatan kabupaten Bantul. Pantai ini terletak di antara Pantai Parangtritis dengan muara Kali Opak. Akses menuju Pantai Depok dari kota Yogyakarta dapat melalui Jalan Parangtritis kemudian belok kanan pada pertigaan jalan sebelum gerbang loket Pantai Parangtritis. Setelah itu kita dapat melihat perkampungan yang menghasilkan bawang merah. Bawang merah biasanya dijual di depan rumah penduduk. Tapi gak setiap waktu ya, karena bawang merah pun ada masa panennya.

Bisa juga lho membeli langsung di nelayan, ikannya segar karena baru ditangkap

Pantai Depok terkenal dengan sentra penjualan hasil laut, baik ikan, kepiting, udang dan kerang. Hasil laut tersebut diperoleh nelayan setempat dan biasanya dijual di pasar ikan yang bangunannya cukup megah dan kelihatan masih baru. Di dekat Pantai Depok juga ada Museum Geospasial yang berada di tengah gumuk pasir/padang pasir. Bangunan museum tersebut unik karena menyerupai kerucut dan menjadi pusat penelitian mengenai kondisi gumuk pasir satu-satunya di Indonesia.

Nih hasil masakannya,, hmmm kalau lagi laper, enaknya selangit😀

Saat tiba disana kami langsung membeli ikan di sentra penjualan hasil laut tersebut. Selain ikan kami juga membeli kerang, udang, dan kepiting. Setelah transaksi selesai kami langsung menuju warung makan yang berada di tepi pantai untuk menyantap ikan yang kami beli. Tapi yang masak pemilik warung lho dengan imbalan sekian. Dari warung tersebut kami melihat para nelayang yang mulai kembali ke daratan. Ombak di pantai selatan memang terkenal ganasnya. Oleh karena itu, nelayan disini cukup bernyali mengarungi besarnya ombak. Bahkan kami sempat melihat perahu yang terombang-ambing ombak karena tidak sempat ditali pada saat akan mendarat.

Karena penasaran kami segera menghampiri nelayang yang mendarat tersebut. Ternyata mereka membawa ikan-ikan yang dapat langsung kita beli. Karena tergiur oleh segarnya ikan-ikan tersebut kami membeli beberapa hasil melaut nelayan, antara lain ikan tenggiri. Tiga ekor ikan tenggiri berukuran panjang dua jengkal dihargai Rp. 50.000. Selain tenggiri ada juga bbawal putih, lele laut, cakalang dan ikan-ikan ‘gak’ jelas lainnya😀.

Bisa ngerasain beratnya jadi nelayan!

Kembali lagi ke warung makan, kita bebas lho menentukan mau dimasak apa ikan yang kita beli, mau dibakar, digoreng, atau direbus. Hasil masakannya lumayan enak apalagi sambil menikmati deburan ombak Pantai Depok menjadikan pantai ini salah satu wisata menyenangkan di Yogyakarta.

One thought on “Pantai Depok dan Sajian Makanan Lautnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s