Sepenggal Tulisan Untuk Para Prajurit!

Tim Ekspedisi Khatulistiwa Sub Korwil 07/Kutai Barat

Mungkin agak terlambat aku menyampaikan rasa terima kasih kepada Tentara Nasional Indonesia (TNI) atas penyelenggaraan Ekspedisi Khatulistiwa 2012 di Pulau Kalimantan dimana aku terlibat di dalamnya. Kiprah TNI dalam pembangunan di Indonesia tidak dapat dipungkiri lagi, berawal dari masa kemerdekaan, hingga masa reformasi ini, saya merasa bahwa institusi ini yang memiliki kedekatan begitu tullus dengan rakyat Indonesia (terlepas dari beberapa kekurangan-kekurangan yang ada). Tidak hanya bekerja dalam lingkup militer, reformasi TNI pada era sekarang ini justru malah semakin memperluas kesempatan TNI untuk dapat berkontribusi kepada bangsa dan negara. Salah satu hal yang sangat aku apresiasi adalah keterblibatan TNI dalam memfasilitasi kami, para mahasiswa dalam kegiatan penelitian melalui kegiatan Ekspedisi Khatulistiwa 2012.

Walau pasukan elit, tetep ramah kok!

Sebagian mungkin agak paranoid ketika berbicara mengenai mahasiswa dan tentara. Yap, era 1998, ketika reformasi lahir (sama ketika bayi baru lahir yang diselimuti darah) adalah masa-masa suram hubungan antar sesama anak bangsa. Namun Ekspedisi Khatulistiwa kemarin seolah membuang pikiran-pikiran semacam itu. Kegiatan bersama antara militer (mahasiswa) pula, terlaksana dengan sangat baik. Masing-masing di antara kami berbagi ilmu di antara bidang yang ditekuninya. Kerja sama semacam ini yang seharusnya dapat dikembangkan dalam berbagai bidang, potensi kekayaan Indonesia yang sangat besar seharusnya dapat segera dimanfaatkan dengan mengawalinya dengan kegiatan penelitian. Namun medan-medan yang sebagian besar belum terjelajahi dan cenderung berbahaya membuat para peneliti membutuhkan usaha yang keras atau minimal rasa aman yang dapat diberikan oleh prajurit-prajurit terlatih kita. Ekspedisi Khatulistiwa dapat menjadi contoh yang baik, perlunya kerja sama antara anak bangsa.

Dari prajurit-prajurit itu aku belajar mengenai ilmu teritorial, yaitu bagaimana cara mendekatkan diri kemasyarakat

Sungguh pengalaman yang sangat berharga bagiku bisa menjelajahi pedalaman Kalimantan yang begitu mempesona. Aku senang bisa menjumpai saudara-saudara kami di perbatasan sana yang kondisinya begitu memprihatinkan jauh berbeda dari apa yang kami nikmati di Pulau Jawa. Aku betul-betul merasakan, meski sama-sama menikmati kemerdekaan, pembangunan yang ada belumlah merata, padahal merekalah sang penjaga negeri di beranda depan nusantara. Aku juga tau betul bagaimana mereka merasa agak iri dengan keadaan negeri sebelah yang penuh dengan lampu-lampu benderang sementara di tempat mereka hanyalah hutan belantara yang minim dengan pembangunan.

Ketika terbang menggunakan Helikopter Bell, Aku juga merasakan ketangguhan para prajurit itu yang harus bergulat dengan alutsista yang sudah tua dimakan waktu

Aku bangga, meski aku tidak bisa ke luar negeri, namun aku bisa menikmati keindahan negeriku di pelosok sana yang belum tentu semua orang bisa rasakan . Melalui Ekspedisi Khatulistiwa aku banyak belajar tentang permasalahan-permasalahan yang ada di lapangan. Hal ini membuat ku menyadari bahwa fasilitas yang aku nikmati saat ini tidak terlepas dari kekayaan alam yang hasilnya hanya dinikmati secara maksimal untuk pembangunan di Pulau Jawa. Bebanku sebagai seorang mahasiswa bertambah bahwa ada semacam tuntutan-tuntutan di pundakku untuk ikut bersama membangun negeri ini secara keseluruhan, tidak hanya untuk diri sendiri.

Leave a Reply

