Sudah Lama Ngantri, Ternyata Tiketnya Abis!

Suasana Kereta Api Gajah Wong

PT. Kereta Api tampaknya sudah melakukan berbagai macam perubahan kinerjanya untuk memperbaiki layanan terhadap masyarakat khususnya penumpang kereta api jarak jauh. Perubahan layanan tersebut antara lain kebijakan boarding pass dan pemesanan tiket 90 hari sebelum keberangkatan di kelas ekonomi. Akibat dari kebijakan ini adalah masyarakat harus betul-betul merencanakan perjalanan jauh-jauh hari agar kebagian tiket serta melatih tertib identitas. Sebagai pengguna kereta api Jogja-Jakarta yang merupakan salah satu rute laris, aku merasakan betul semakin sulitnya mendapatkan kereta api ekonomi Progo.

Buatku, yang menjadi permasalahan adalah bukan pada kebijakan pemesanan tiket maupun sistem boarding pass.Seperti yang kita ketahui, semenjak diberlakukannya boarding pass, masyarakat yang memesan tiket harus menggunakan tanda pengenal identitas seperti KTP, SIM dll. Hal ini untuk keperluan manifest kereta serta meminimalisasi calo yang merugikan. Hal ini mengakibatkan antrian yang panjang karena petugas loket memiliki tugas tambahan yaitu meng-input data calon penumpang. Di beberapa stasiun seperti Pasar Senen, tidak ada informasi mengenai jumlah kursi kereta yang tersisa sehingga terkadang agak menjengkelkan juga ketika sudah lama mengantri, eh tiket kereta yang akan kita pesan ternyata sudah habis.

Mohon agar PT. KAI peka terhadap permasalahan tersebut. Mohon pejabat yang terkait, supaya merasakan dahulu menjadi penumpang mulai dari pemesanan tiket, naik kereta api, hingga keluar dari stasiun sebelum membuat kebijakan-kebijakan yang ’inovatif’. Secara teori memang kelihatannya ideal sekali, namun dalam pelaksanaannya masih banyak yang harus dibenahi segera mungkin. Ingat, kereta api tidak lepas dari perjuangan bangsa Indonesia. Kereta api adalah milik rakyat Indonesia yang harus diperbaiki layanannya serta fasilitasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s