Nikmatnya Perjalanan Dengan Bus Eka!

Bus Eka (kotakpandorahitam.blogspot.com)

Setelah berleha-leha di Surabaya akhirnya sampai juga di Jogja tercinta. Kali ini aku ingin berbagi cerita tentang perjalanan Surabaya-Jogja dengan menggunakan Bus Patas Cepat Eka. Ini yang kedua kalinya aku menggunakan Bus Eka dari Surabaya menuju Jogja dengan waktu keberangkatan yang sama yaitu sekitar jam setengah sembilan malam dari Terminal Purabaya. Kali ini mas Fajar (kenalan waktu ikut Ekspedisi Khatulistiwa) yang mengantarkan aku ke terminal. Mas Fajar juga yang memberikan aku tumpangan satu hari selama berada di Surabaya beserta akomodasinya (makasih lho Mas Fajar, kalau dah sukses nanti pasti aku ganti). Bus Eka menjadi pilihan karena kondisi fisik bus yang baik serta cara sopir melajukan bus yang gentle (cepat namun menguasai keadaan). Jarang sekali aku mendengar Bus Eka mengalami kecelakaan, sangat berbeda dengan pesaingnya heheheh (pasti tau lah :D). Tarif Bus Eka memang lebih mahal dibandingkan Bus Mira atau Sumber Kencono yang melayani rute sama, namun selain kenyamanan yang telah aku sebutkan di atas, Bus Eka juga menyediakan sajian makan di Rumah Makan Duta yang terletak di Ngawi.

Oke aku lanjut ceritanya, sambil menunggu Bus Eka di Terminal Bungurasih aku disuguhkan oleh hiburan dangdut. Sebetulnya aku gak terlalu suka dangdut, lagi pula, musik yang terlalu keras membuat suara kondektur bis yang memberitahukan jurusan bus menjadi sulit didengar oleh calon penumpang. Aku harus selalu mengawasi bus yang melintas agar tidak terlewat. Sekitar 20 menit menunggu akhirnya bus yang aku pilih datang. Bus Eka yang aku tumpangi ini tujuannya ke Magelang via Solo dan Jogja. Aku langsung menduduki kursi yang agak belakang sebelah kiri. Kondisi penumpang cukup sepi mungkin hanya terisi sepertiganya. Kondektur bus langsung membagikan aku air minum. Tarif yang aku bayar dengan rute Surabaya-Jogja adalah Rp. 68.000

Bus langsung melaju keluar dari terminal. Selama perjalanan aku mendengarkan musik dari ponsel ku yang judulnya “Rek Ayo Rek” sambil mengenang masa-masa di Surabaya (hehehe lebay) Perjalanan pada malam hari memakan waktu sekitar 8 jam, relatif lebih cepat dibandingkan pada siang hari. Bis Eka yang aku tumpangi terkadang juga mengambil penumpang di jalan. Mungkin untuk menambah jumlah penumpang yang relatif sepi pada malam hari. Cara sopir melajukan Bus Eka lumayan kencang namun tetap terasa nyaman. Keadaan ini membuatku segera terlelap, dan ketika bangun bus sudah berada di Rumah Makan Duta. Kondektur bus yang ramah segera mempersilakan aku untuk menyantap jatah makan. Dari lima menu yang ditawarkan, aku selalu memilih gulai kambing dan teh hangat (kalau siang es teh). Setelah 20 menit perjalanan dilanjutkan kembali.

Kali ini aku mengalami kejadian yang tidak menyenangkan. Ketika berada di Maguwo, penumpang yang menuju Yogyakarta terpaksa dipindahkan ke Bus Eka lainnya yang berada di depan. Begitupula sebaliknya. Karena terburu-buru aku lupa kalau sepatu pantopel TNI AU ku masih tertinggal di bus, dan aku baru menyadari ketika sudah di kost. Tapi karena kondisi sepatunya sudah gak bagus lagi, ya dibiarkan saja lah. Sebetulnya kalau aku mau ngurus bisa saja, dengan menghubungi nomor bus yang ada di karcis. Tapi ya sudah lah!

Meski demikian, aku tetap puas dengan pelayanan Bus Eka. Meski tidak secepat Kereta Api, namun pemandangan yang ditawarkan selama perjalanan membuat jarak antara Surabaya Jogja tidak membosankan. Dengan tarif sebesar Rp. 68.000 bagi aku sudah sangat sesuai dengan pelayanan yang diberikan.

9 thoughts on “Nikmatnya Perjalanan Dengan Bus Eka!

      • pramudyaarif says:

        bukan.pas musim pendaftaran ke UGM dulu.mungkin karena nanggung juga sih.eh ya,itu kok fotonya malah mbak Mira?

      • Iwan Budi Santoso says:

        Iya setauku kalau rute nannggung emang agak dipukul rata,, soalnya “Mbak” Eka kan bus Patas,,, cepat terbatas,,, Oh iya thanks Pram dah aku ganti

  1. aku sangat suka dengan bus setiap kali aku pergi ke surabaya//dari surabaya-jogja selalu menaiki bus cepat eka…tapi sekarang tarifnya udah rp 125.000.00 karena menjelang lebaran untuk tahun ini..
    &*(tapi gak papa eka tetap pilihanku)*&

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s