Ekspedisi Khatulistiwa Kutai Barat: Pasang Surut Sungai Mahakam

Kerangan atau pulau yang muncul di tengah Sungai Mahakam pada saat air surut

Sungai Mahakam merupakan salah satu sungai terpanjang dan terlebar di Indonesia. Sungai yang berhulu di pegunungan Kabupaten Kutai Barat memiliki panjang lebih dari 900 KM dan bermuara di Selat Makassar. Kami beruntung karena poskotis Ekspedisi Khatulistiwa Kutai Barat terletak di tepi Sungai Mahakam, Kecamatan Long Bagun. Pemandangan di tempat ini sangatlah indah. Sungai Mahakam seolah-olah membelah pegunungan yang ditutupi oleh hutan hujan tropis.Di tepian sungai tersebut terdapat banyak rumah terapung yang sekaligus berfungsi sebagai dermaga perahu yang lalu lalang. Di sini kita dapat melihat berbagai macam perahu mulai dari perahu kecil yang disebut cash hingga kapal angkut penumpang atau Taxi berukuran besar yang melayani perjalanan Samarinda-Long Bagun menyusuri Sungai Mahakam.

Cuaca Long Bagun akhir-akhir ini sangat ekstrim. Panas terik dan hujan sangat lebat disertai petir dan angin bisa terjadi hanya dalam selang waktu beberapa jam saja. Hal tersebut menyebabkan debit Sungai Mahakam berubah ubah. Indikator alami pasang surut Sungai Mahakam yang paling mudah adalah dengan melihat muncul atau timbulnya kerangan. Kerangan adalah pulau yang muncul pada saat Sungai Mahakam surut. Kerangan biasanya berupa hamparan batuan kali yang menghampar di tengah Sungai Mahakam.

Meski nampak indah dan menggoda kita untuk bermain-main, munculnya kerangan sebetulnya adalah mimpi buruk bagi perahu terutama yang berukuran besar. Pada tanggal 17 Mei 2012, Sungai Mahakam tidak bisa dilalui kapal Taxi dalam beberapa saat. Hal ini terjadi karena dikhawatirkan kapal akan menyentuh kerangan atau dasar sungai sehingga dapat merusak bagian bawah kapal. Biasanya kapal akan menunggu hingga debit air naik kembali dan sungai menjadi aman untuk dilalui.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s