Ekspedisi Khatulistiwa Kutai Barat : Ladang Anggrek Bambu (Arundina graminifolia) di Long Bagun

Anggrek Bambu (Arundina graminifolia)

Tidak berlebihan jika saya menyebutnya dengan ladang anggrek. Memang begitulah kenyataan yang saya temui pada saat menikmati perjalanan menuju ladang Suku Dayak Kenyah Batu Majang. Jalanan logging yang berkerikil menuruni perbukitan hutan hujan tropis dihiasi oleh deretan anggrek bambu berwarna putih ungu. Hujan di Kalimantan tampaknya sedang memasuki puncaknya pada bulan April dan Mei ini. Begitu pula anggrek-anggrek indah menawan yang beramai-ramai memamerkan keelokannya, seolah menyambut kedatangan Tim Ekspedisi Khatulistiwa.

Sebelumnya saya memang bukan penggemar berat anggrek. Bahkan saya sempat heran, apa keunikan dari tanaman anggrek ini selain harganya yang mahal. Saya lebih menyukai bunga berukuran besar seperti mawar dari pada anggrek. Namun di Long Bagun, saya mulai tertarik dengan tanaman anggrek. Sempat saya memetik beberapa bunga, dan aromanya harum seperti bunga melati. Anggrek yang saya jumpai disini terdiri dari dua macam. Satu yang ku ketahui adalah Anggrek Bambu (Arundina graminifolia) yang memiliki bunga berwarna putih dengan lidah berwarna ungu. Anggrek ini memiliki batang yang beruas seperti bambu dan dapat mudah dijumpai di antara tanaman pakis di pinggir jalan. Sementara jenis yang lain memiliki bentuk yang sama dengan anggrek bambu namun memiliki batang yang lebih kokoh dan daun yang ujungnya lebih membulat.

Di tempat ini tanaman anggrek dibiarkan begitu saja oleh masyarakat. Bahkan mungkin sudah dianggap seperti tanaman ilalang. Hampir tidak ada warga yang memelihara anggrek bambu sebagai tanaman hias. Padahal jika dikelola dengan baik, tanaman anggrek bambu dapat digunakan sebagai tanaman hias untuk pekarangan rumah maupun taman-taman di kantor.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s