Ekspedisi Khatulistiwa Kutai Barat: Ladang Kehidupan di Tengah Hutan

Memanen Singkong

Tim Sosbud dipimpin oleh Pratu Sunardi bersama Iwan, Anin dan Fifah mengikuti kegiatan berladang ibu petinggi adat Kenyah Kampung Batu Majang yang terletak di jalan Sumalindo KM 16 Kecamatan Long Bagun. Tim berangkat dengan menggunakan truk bersama ibu petinggi adat Kenyah Kampung Batu Majang pada pukul 08:45 dan tiba pada pukul 10:00 WITA.

Sistem berladang pada warga Suku Dayak Kenyah memiliki perbedaan dengan sistem bercocok tanama pada masyarakat Jawa. Masyarakat Dayak Kenyah membuka hutan untuk membuat ladang oleh karena itu lokasinya cukup jauh dari perkampungan. Mereka bisa berhari-hari jauh dari rumah untuk mengolah ladangnya. Biasanya warga berangkat pada hari Senin lalu pulang pada hari Sabtu dengan menggunakan truk milik PT. Sumalindo, sebuah perusahaan kayu yang ada dikampung mereka. Mereka biasanya secara berkelompok iuran untuk biaya bahan bakar truk.

Terdapat bangunan rumah di ladang yang berfungsi sebagai tempat untuk menjaga ladang dari serangan hama maupun tempat untuk menginap. Di rumah tersebut juga terdapat peralatan-peralatan tukang seperti gergaji mesin, alat tiup untuk membuat parang, dan anyaman rotan. Selain itu terdapat juga anjing yang digunakan sebagai penjaga ladang.
Hama yang ada umumnya adalah beruk atau monyet serta babi hutan. Kegiatan di ladang kali ini adalah panen beberapa hasil bumi seperti beras, singkong, sayuran, buah-buahan, dan kayu. Hasil ladang yang dominan adalah padi. Seluruh hasil bumi untuk konsumsi sendiri dan tidak di jual. Warga membungkus padi dengan karung. Padi yang ditanam adalah padi ladang. Padi tersebut bisa bertahan tanpa membutuhkan air dalam jumlah banyak seperti padi yang di tanam di Jawa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s