Ekspedisi Khatulistiwa Kutai Barat: Memburu Gaharu Demi Sekarung Uang

Pulau Kalimantan memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Salah satunya adalah kayu Gaharu yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Gaharu bermanfaat untuk pembuatan dupa dan minyak gaharu, wewangian serta penambah aroma rokok. Selain di Kalimantan, pohon Gaharu juga dapat ditemukan di Sumatera dan Kalimantan.

Tim Peneliti Sosial Budaya mengamati proses pemisahan gaharu dari kayu di kediaman rumah Bapak Ikhsan. Gaharu yang akan dijual harus dipisahkan dari batang kayu dengan cara dicungkil dan diserut. Gaharu tersebut terbentuk karena adanya reaksi dari masuknya mikroba ke dalam jaringan kayu yang terluka. Mikroba tersebut dianggap sebagai benda asing sehingga tanaman akan mengeluarkan senyawa fitoaleksin. Senyawa ini merupakan zat yang berfungsi sebagai pertahanan terhadap benda-benda yang sifatnya patogen. Gaharu yang bernilai tinggi merupakan bagian kayu yang berwarna kehitaman, sementara yang dicungkil dan diserut adalah bagian kayu yang berwarna putih. Memisahkan gaharu dari kayu yang berwarna putih harus dengan cara yang hati-hati. Jika tidak, maka alat cungkil yang tajam dapat melukai tangan. Dibutuhkan kesabaran dan ketekunan dalam memisahkan gaharu dari bagian kayu, namun semua itu akan terbayar oleh mahalnya harga gaharu yang bahkan bisa mencapai jutaan rupiah per onsnya.

Sebagian warga Batu Majang, Kecamatan Long Bagun banyak yang berprofesi sebagai pencari gaharu. Sebagian besar dari mereka berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. Mereka biasanya mencari kayu gaharu di hutan-hutan pedalaman dalam waktu hingga berbulan-bulan. Saat ini, pohon gaharu semakin sulit ditemukan karena jumlahnya yang semakin sedikit. Oleh karena itu mereka harus terus menembus hutan pedalaman. Untuk mengatasi hal tersebut, warga Batu Majang ada yang mencoba menanam gaharu di sekitar rumah mereka, meskipun hingga saat ini belum pernah dari penanaman pohon tersebut ada yang menghasilkan gaharu. Hingga saat ini kebutuhan gaharu masih mengandalkan hasil dari alam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s