PUSKESMAS TERAPUNG MELAYANI SEPENUH HATI MASYARAKAT PESISIR MAHAKAM

drg. Ari sedang memeriksa pasien anak di Puskesmas Terapung

Kesehatan merupakan kebutuhan yang sudah tidak dapat ditawar-tawar lagi. Kesehatan adalah salah satu indikator dari kemajuan suatu wilayah. Oleh karena itu fasilitas kesehatan merupakan hal mutlak yang harus dimiliki sebagai upaya untuk menunjang program peningkatan kesehatan masyarakat. Kecamatan Long Bagun memiliki satu unit puskesmas, 5 unit puskesmas pembantu dan satu unit balai pengobatan(Badan Pusat Statistik 2010). Kecamatan ini tidak memiliki fasilitas rumah sakit. Oleh karena itu kasus medis yang tergolong berat biasanya dirujuk di RSUD yang ada di Melak atau ke Samarinda

Wilayah Kabupaten Kutai Barat yang sebagian besar dilalui Sungai Mahakam menyebabkan alat transportasi sungai menjadi sangat vital bagi masyarakat. Sebagian besar pusat keramaian dan perkampungan warga terletak di pinggir sungai terpanjang di Kalimantan Timur ini. Ramainya transportasi sungai tersebut juga disebabkan oleh kondisi jalan darat yang buruk.

Atas dasar itulah pemerintah Kabupaten Kutai Barat pada tahun 2009 berinisiatif untuk menyediakan layanan kesehatan berupa Puskesmas terapung. Tim Peneliti Sosial Budaya Ekspedisi Khatulistiwa berkesempatan untuk mengunjungi kapal puskesmas terapung yang sedang bersandar di dermaga Long Bagun Tengah.Puskesmas terapung adalah sebuah kapal Taxi yang didesain sedemikian rupa sehingga dapat melayani masyarakat yang ingin berobat. Nama kapal dari puskesmas terapung ini adalah KM. Mook Manaar Bulatn. Kapal tersebut pada awalnya adalah kapal wisatawan yang selanjutnya dibeli oleh pemerintah Kabupaten Kutai Barat untuk dijadikan fasilitas kesehatan. Fasilitas-fasilitas yang ada di puskesmas terapung cukup lengkap. Kapal Puskesmas terapung terdiri dari dua lantai. Seluruh pelayanan kesehatan masyarakat ditangani di lantai satu. Begitu kita masuk kedalam kapal, kita akan menjumpai ruangan apoteker dan meja resepsionis tempat mendata pasien yang akan berobat. Di lantai satu ini kita menjumpai layanan kesehatan poli umum, poliklinik ibu anak/KB dan kesehatan gigi. Sepanjang lorong terdapat kursi tunggu bagi pasien yang antri.

Sampai saat ini hanya tersedia satu unit kapal puskesmas terapung. Puskesmas terapung hanya melayani kecamatan-kecamatan Kutai Barat yang ada sepanjang Sungai Mahakam dari hilir sampai ke hulu di Long Bagun. Sementara kecamatan Long Apari dan Long Pahangai tidak bisa diakses oleh puskesmas terapung mengingat kondisi Sungai Mahakam yang berupa riam dengan arus sungai berbahaya. Dalam satu hari biasanya puskesmas terapung ini melayani dua desa. Lokasi-lokasi dari pelayanan puskesmas terapung sudah terjadwal. Sosialisasi kepada warga dilakukan melalui surat edaran yang diberikan kepada kepala desa.

Berfoto bersama di Puskesmas Terapung

Puskesmas terapung ini memberikan pelayanan dokter umum, dokter gigi dan bidan. Untuk menikmati pelayanan kesehatan tersebut masyarakat dikenakan biaya administratif sebesar Rp. 1000,00. Menurut keterangan dari kepala puskesmas terapung, peraturan yang baru menyebutkan biaya yang dibebankan ke masyarakat naik menjadi Rp. 6000,00. Namun sampai saat ini puskesmas terapung masih menggunakan tarif lama. Bagi pasien yang memiliki kartu asuransi kesehatan yang dikeluarkan oleh pemerintah, maka mendapatkan pelayanan gratis dari puskesmas terapung. Pada dasarnya puskesmas terapung tidak menyulitkan warga yang ingin berobat. Ketika memang pasian tidak ada uang, puskesmas terapung tetap memberikan pelayanan. Untuk kasus berat biasanya puskesmas terapung merujuk pasien ke RSUD terdekat yang berada di Sendawar. Kasus penyakit yang sering ditangani adalah infeksi saluran pernafasan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s