Tepung Tawar, Doa Selamat Dayak Tunjung Untuk Para Tamu!

Pembacaan Doa

Tidak ada yang lebih membahagiakan daripada kehadiran kita yang disenangi orang lain. Itulah yang kami rasakan pada saat acara penerimaan tim Ekspedisi Khatulistiwa di kantor Bupati Kutai Barat pada tanggal 9 April 2012. Kami disambut kembali oleh tradisi masyarakat adat suku Dayak melalui ritual Tepung Tawar. Tepung tawar bukan berarti tepung yang memiliki rasa hambar. Tepung Tawar merupakan tradisi penyambutan terhadap orang luar yang baru saja datang ke wilayah suku Dayak khususnya Dayak Tunjung agar selalu diberikan keselamatan selama beraktivitas. Ritual ini meliputi pengalungan bunga, tarian kelompok serta pembacaan doa oleh seorang sekretaris adat melalui penyiraman ramuan khusus kepada seluruh peserta ekspedisi.

Tepung Tawar

Hal yang pertama kali dilakukan pada awal upacara adat Tepung Tawar adalah pengalungan bunga terhadap Bupati Kutai Barat, Dandim Kutai Barat serta empat perwakilan tim ekspedisi yaitu Mayor Fery Irawan selaku Wadan Subkorwil Kutai Barat, Anindita selaku mahasiswa dan satu orang dari masing-masing matra laut, dan udara. Enam orang penari cilik dengan kostum berwarna dominan merah menari mengikuti alunan alat musik Kelentengan, Genik dan Gimor seolah mengajak rombongan tim untuk menuju tenda berwarna kuning tempat seorang Pengumang atau orang yang memimpin ritual Tepung Tawar berada. Pengumang tersebut mendoakan dengan bahasa setempat sambil menyiramkan cairan kepada para peserta ekspedisi. Ia memanggil roh-roh yang berasal dari sungai, batu dan lain-lainnya untuk memberitahukan kedatangan kami.

Tarian Selamat Datang

Setelah ritual Tepung Tawar selesai kami memasuki aula dan disuguhkan tarian adat. Setelah tarian tersebut selesai Bupati Kutai Barat secara resmi menerima tim Ekspedisi Khatulistiwa. Beliau menyampaikan pesan untuk menginventarisir potensi-potensi daerah seperti flora fauna, kehutanan, geologi serta sosial budaya yang belum terungkap. Bupati juga menyampaikan bahwa wilayah Kutai Barat masih menyimpan keindahan hutan tropis yang sangat luar biasa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s