Waaah Ada Sirkuit di Pedalaman! (Ekspedisi Khatulistiwa Kutai Barat)

Hari ini tanggal 8 April 2012 rombongan Ekspedisi Khatulistiwa 2012 Kutai Barat diundang untuk menyaksikan kejuaraan Motorprix Seri 2 Region Kalimantan. Ajang balap motor ini diselenggarakan di sirkuit Lanay Jaya,Linggang Bigung Kutai Barat. Kejuaraan ini diselenggarakan oleh KONI Kutai Barat bekerja sama dengan ikatan motor Indonesia (IMI) untuk menyeleksi pesertanya mengikuti kejuaraan nasional yang rencananya akan diselenggarakan di Sentul, Jawa Barat. Balap motor ini juga untuk merebutkan Piala Bupati 2012.

IMG_8067

Para pembalap bersiap memacu kendaraan

Kami berangkat pada siang hari yang terik, menggunakan truk Kodim Kutai Barat. Berdasarkan data di GPS, lokasi kejuaraan Motorprix berada di sebelah barat laut dari lokasi basecamp kami. Kurang lebih 30 menit, kami tiba di lokasi sirkuit. Acara kejuaraan Motor Prix kali ini mendapatkan perhatian yang besar dari masyarakat Kutai Barat. Mereka rela berpanas-panasan untuk menyaksikan balap motor bebek tersebut dari luar pagar sirkuit. Banyak di antara mereka menjadikan ajang Motor Prix sebagai liburan dengan mengajak sanak keluarga. Acara tersebut juga memberikan dampak ekonomi yang positif berupa penghasilan bagi para pedagang yang menjajakan jualannya di sekitar arena sirkuit. Selain masyarakat setempat, Bupati, Komandan Kodim, Kapolres Kutai Barat dan Wakil Komandan Subkorwil Kutai Barat Mayor Fery Irawan turut menyaksikan dari panggung utama.

IMG_8090

Bergaya dulu di sirkuit

Peserta kejuaraan berasal dari berbagai wilayah di Kalimantan. Hal yang menarik dari kejuaraan ini adalah adanya beberapa pembalap cilik. Salah satunya adalah M. Rofiq yang berasal dari Kalimantan Selatan. Rofiq berusia 10 tahun dan baru duduk di kelas 4 sekolah dasar. Ia pernah mendapatkan juara 4 pada even yang sama di Palangkaraya pada tahun 2010. Ia tergabung dalam tim Yamaha Banjar dengan warna motor dan seragam biru. Penampilan Rofiq sangat mengesankan. Ia dominan berada di posisi ke dua. Bahkan menyalip hingga urutan pertama dalam beberapa kali putaran. Namun akhirnya ia terjatuh dan terpaksa mengakhiri aksinya di sirkuit.

IMG_8055

Rofiq, sang pembalap cilik asal Kalimantan Selatan

Awalnya aku tidak mengira bahwa di lokasi yang terpencil ini terdapat arena sirkuit balap motor. Meskipun dengan fasilitas yang seadanya, namun ajang Motorprix ini mendapatkan perhatian yang besar dari masyarakat Kutai Barat. Kejuaraan semacam ini bisa dijadikan agenda wisata tahunan yang mampu menggerakan perekonomian warga sekitar serta mempromosikan kabupaten Kutai Barat yang terkenal dengan tambang batu baranya. Selain sebagai even pariwisata, kejuaraan Motorprix bisa dijadikan sebagai pengkaderan pembalap-pembalap muda berbakat. Hal tersebut akan membawa dampak positif agar generasi muda tidak terjerumus pada hal-hal negatif seperti balap liar, narkoba dan lain-lain. Oleh karena itu, pemerintah setempat diharapkan mendukung kegiatan semacam itu mengingat olah raga balap motor membutuhkan dana yang cukup besar.

Sukses selalu untuk kita semua!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s