Welcome to Kalimantan

Pertama pertama dan pertama. Banyak hal baru yang aku jumpai dalam perjalanan Batujajar Balikpapan. Tanggal 5 April ini, Kami rombongan ekspedisi korwil Kutai Barat bersama korwil Malinau dan Nunukan akan berangkat menuju Balikpapan. Perjalanan kali ini menggunakan pesawat Hercules setelah beberapa hari sebelumnya sempat direncanakan menggunakan Kapal Republik Indonesia alias KRI TNI AL. Tetapi bagi saya apapun kendaraannya pastinya akan sangat berkesan, karena hal yang sangat jarang bagi orang sipil seperti saya bisa diangkut dengan menggunakan kendaraan angkut militer.

Kami berangkat dari Batujajar pada pukul 04:00 WIB menuju Pangkalan Udara Husein Sastranegara, Bandung. Namun sejak pukul 03:30 kita sudah dibangunkan karena harus memuat barang bawaan pribadi maupun perlengkapan komando taktis (Kotis) yang cukup banyak. Dengan menggunakan truk Kopassus kami menuju Bandung dengan sangat lancar. Jalanan di wilayah Cimahi yang biasanya selalu macet pada pagi hari tidak kami jumpai pada saat itu.

Gaya dulu selama perbaikan

Nggaya sik nang bandara!

Setelah menimbang seluruh barang bawaan, kami segera masuk pesawat Hercules. Beberapa saat setelah mesin dinyalakan, tiba-tiba mesin dimatikan. Beberapa kru pesawat langsung memerintahkan kami turun karena ada sedikit perbaikan pada bagian belakang pesawat. Perbaikan tersebut memakan waktu kurang lebih satu jam. Sambil menunggu waktu perbaikan, kami menikmati pemandangan Lanud Husein Sastranegara dan bangunan PT. Dirgantara Indonesia yang terletak di sebelah utara Lanud. Akhirnya, kira-kira pukul 08:45 WIB pesawat rombongan Kutai Barat di berangkatkan.

DSC00135

Asyik juga lho naik Hercules!

Gambaran aku mengenai pesawat Hercules ternyata berbeda dengan apa yang aku rasakan saat itu. Pesawat Hercules yang terkenal dengan “sky Truck” alias truk udara ternyata dilengkapi dengan AC sehingga suhu udara terasa dingin. Hampir tidak ada bedanya dengan pesawat komersial lainnya. Hanya saja di Hercules kita akan menjumpai tempat duduk seadanya karena memang pesawat ini dikhususkan sebagai pesawat angkutan barang.Di langit-langit pesawat tampak rangkaian kabel serta instalasi pipa yang sangat rumit.Beberapa teknisi pesawat TNI stand by di bagain belakang pesawat.

DSC00150

Disambut kesenian Dayak dan alunan Musik Sapeq di Lanud Balikpapan

Sampai di Lanud Balikpapan, kami langsung disambut oleh Pangdam Mulawarman serta muspida setempat. Kami juga disuguhkan tarian selamat datang beserta alat musik Sapeq yang terdengar sangat merdu. Cuaca di Balikpapan sangat panas, berbeda jauh dengan suhu dingin Situ Lembang tempat pelatihan Ekspedisi Khatulistiwa kemarin. Setelah dari Balikpapan kami melanjutkan perjalanan ke Melak, atau ke arah utara. Kami melewati Taman Hutan Rakyat Soeharto yang masih rimbun. Inilah kali pertama aku ke Kalimantan, pertama kali naik Hercules, dan masih banyak pertama pertama kali lainnya.

6 thoughts on “Welcome to Kalimantan

  1. cakra grd ady says:

    kasihan baru sekali naik herkules aq aja sudah 10x naik herkules tp tidak pernah mendarat normal selalu di buang di udara tragisssss

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s