MENGURAI SAMPAH, MENILIK PERILAKU

Sampah bagi sebagian besar orang mungkin merupakan benda tak berguna yang dipandang sebelah mata (atau gak pakai mata :D). Ya dari definisinya saja sampah berarti benda tidak berguna. Istilah sampah juga sering digunakan kepada hal lain (non benda) yang sifatnya tidak berguna dan cenderung mengganggu orang lain misalnya sampah masyarakat. Bahkan sangat sedikit yang orang yang mau kalau pekerjaannya terlibat dengan sampah (pada bidang tertentu istilah sampah diganti dengan kata limbah, hmm sepertinya lebih elit dan berkelas).Misalnya pemulung, pengumpul barang bekas/sampah, sesi kebersihan, dan lain-lain.

Namun tahukah teman, bahwa sampah sebetulnya memiliki manfaat yang banyak orang lain tidak tahu. Dalam bidang ekonomis misalnya, barang yang telah menjadi sampah sebetulnya tidak habis nilai manfaatnya. Barang barang tersebut masih dapat digunakan kembali baik secara langsung maupun melalui beberapa proses pengolahan. Sampah anorganik seperti plastik misalnya dapat di daur ulang atau dapat diganti sebagai wadah bahan yang lain. Botol air mineral yang sudah tidak ada isinya dapat diisi dengan sabun cair, atau wadah makanan ikan. Sampah organik misalnya daun-daun yang berguguran bisa diolah menjadi pupuk, bahkan dalam inovasi terbaru, daun-daun tersebut dapat menjadi bahan bakar alternatif.

Dalam bidang psikologi, sampah juga memiliki manfaat lho *Waaah kok bisa?*.Yup, sampah dapat digunakan sebagai sample untuk mengetahui perilaku serta kebiasaan hidup seseorang. Barang-barang yang telah dipakai seseorang dapat memberikan petunjuk mengenai kehidupannya sehari-hari.Misalnya jika dalam kumpulan sampah tersebut kita menemukan kopi, rokok, dan lain-lain, kita dapat memperkirakan bahwa orang tersebut mungkin memiliki riwayat kecanduan rokok, atau mengatasi kesibukan atau permasalahan pribadinya dengan rokok. Sementara minuman beralkohol dapat mengindikasikan seseorang memiliki riwayat depresi. Bungkus obat tidur dapat menginformasikan bahwa seseorang mengalami gangguan kesulitan tidur (insomnia), dan bungkusan obat pelangsing tubuh dalam jumlah yang cukup besar dapat mengindikasikan seseorang memiliki gangguan pada konsep diri. Orang yang memiliki gangguan kecemasan mungkin akan menggunakan obat anti depresi sebagai solusinya. Seseorang yang memiliki agresivitas tinggi cenderung menyukai alat-alat berupa senjata. Lalu bagaimana jika kita menemukan begitu banyak bungkusan kartu perdana dengan provider yang berbeda-beda😛

Sampah bahkan bisa membantu aparat kepolisian dalam melakukan investigasi perilaku kriminal. Contohnya adalah banyak pelaku pembunuhan tidak menyadari bahwa pakaian yang dikenakannya akan menghasilkan serabut-serabut yang rapuh. Serabut-serabut ini biasanya ditemukan di lokasi tempat kejadian kriminal tersebut berlangsung. Polisi akan menganalisis serabut tersebut, untuk diketahui siapa yang terlibat dalam peristiwa tersebut.

Memang sangat sedikit sekali penelitian mengenai kaitannya sampah dengan kepribadian. Namun sampah merupakan barang bukti yang objektif dan sekiranya dapat digunakan sebagai informasi pendukung dalam memberikan gambaran mengenai perilaku seseorang. Hal ini mengingat bahwa penggunaan suatu produk tertentu biasanya disebabkan oleh perilaku tertentu. Namun, Tidak semua informasi mengenai perilaku dapat diungkap melalui sampah. Contoh kasus seperti kepribadian introvert tidak menggunakan produk tertentu sebagai ciri khas tipe kepribadiannya.

Nah itu dia salah satu dari manfaat sampah yang terkadang kita tidak tahu. Ingat bahwa selama tidak ada sampah yang dibawa di luar angkasa massa bumi adalah tetap bahkan bertambah (benda langit yang masuk ke bumi). Jadi bersikap bijaklah terhadap sampah. Ingat, jangan sekedar membuang sampah pada tempatnya, tapi buanglah sampah pada tempat sampah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s