INI TENTANG KAMPUSKU! SECUIL KISAH DARI RAK FOTO MENWA UGM

Belajarlah dari sejarah, agar tidak menjadi keledai!

Rak itu sangat kotor dan bedebu. Benda itu menyimpan koleksi-koleksi LPJ tebal dari kepengurusan Menwa UGM beberapa periode. Di baris paling bawah, kutemukan lembaran-lembaran yang sangat buruk rupanya, berdebu, kusam dan sangat menyedihkan. Aku pun sebetulnya malas mengurusi benda itu. Sangat tidak menarik dan sangat menyiksa karena akupun alergi. Namun sebetulnya jauh lebih tidak menarik lagi bergumul dengan organisasi yang sudah kujalani hampir satu tahun ini yang ‘nggak cetho’. Lalu akan jadi apakah saya disini???????

Di rak itu aku menemukan banyak hal. Benda-benda yang tampaknya tidak digubris selama beberapa periode itu ternyata memendam sejarah yang sangat berharga dari sebuah organisasi klasik dan hebat pada masanya. Namun nilai-nilai itu seolah dibungkam oleh debu dan lusuhnya rak. Pertama kali membuka foto-foto itu, bersin dan pilek menyiksa kepala ku. Sebuah foto helikopter dengan personil baret ungu memunculkan tanda tanya besar bagiku. Apa yang terjadi pada Menwa UGM? Tentu ini adalah hal besar! Aku pun semakin bernafsu mengobrak-abrik isi rak yang terkucil itu. Album-album tua ku bersihkan dan ku perhatikan dengan seksama, sembari mengembangkan pikiran heuristik untuk mengurai kisah-kisah lampau di tempat ini.

Aku melihat masa lalu dari kampusku. Melihat orang-orang itu tertawa sumringah. Dengan rambut gondrong yang terurai, baju rapih dimasukan celana. Dan gaya-gaya klasik yang mengingatkanku pada film era 80-an, ya karena yang ku lihat memang era saat itu. Di dalam foto-foto itu aku melihat seorang tokoh yang ternyata memiliki jasa besar terhadap kampus ndeso bernama UGM. Sosok Prof. Koesnadi yang membesarkan kampus ini sekaligus merangkul kaum jelata menikmati kehidupan akademis. Tampak Prof. Koesnadi yang merupakan mantan pejuang tidak segan-segan mengenakan pakaian seragam Menwa ketika menjadi inspektur upacara kegiatan Menwa UGM. Pak Profesor yang humanis inilah yang menciptakan program Kuliah Kerja Nyata untuk kemajuan bangsa Indonesia. Mirisnya, akhir-akhir ini banyak teman-teman mahasiswa yang mengkritisi program ini!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s