Dibalik Megahnya Grha Sabha!

“Membangun gedung seharusnya tidak hanya megah, namun juga kuat”

Peristiwa tadi sungguh dramatis dan menegangkan. Bagaimana tidak, keramik yang berada di tribun sebelah barat laut itu melengkung ke atas secara-tiba-tiba. Suporter menjadi panik terutama para wanita. Aku pikir terjadi perkelahian antar suporter, sehingga secara refleks aku berupaya turun bersama dua orang Satpam UGM untuk mengetahui keadaan. Ternyata sangat mengejutkan, Grha Sabha Pramana atau anak UGM sering menyebut GSP mengalami keretakan kedua kalinya setelah kemarin sore atau hari pertama kontes robot diselenggarakan.

Di Balik Megahnya GSP, ternyata ada yang harus dibenahi.

Setelah mengetahui kejadian yang sesungguhnya, aku dan dua orang satpam tadi berusaha menenangkan massa yang panik. Kami tetap meneriakan bahwa gedung aman dan menghimbau agar para suporter tidak melakukan gerakan menghentak. Bagi yang ingin keluar kami persilahkan namun dengan gerakan perlahan. Tidak lama polisi datang, dan keramik yang melengkung tadi dipecahkan agar tidak membahayakan orang-orang. Teman-teman Menwa UGM untungnya sigap dalam mengarahkan massa agar tidak panik. Pertandingan robot sempat dihentikan beberapa saat, lalu dilanjutkan kembali hingga selesai.

Sudah lama aku mengetahui bahwa Gedung GSP memang tidak diperuntukan untuk kegiatan-kegiatan yang sifatnya massal dan penuh euforia seperti konser musik rock atau pertandingan dimana penonton bisa jingkrak-jingkrakan. Hal ini diakibatkan oleh jumlah pilar penyangga yang tampak sedikit dan berukuran kecil. Namun Gedung GSP masih cukup kuat untukmenyelenggarakan acara seperti seminar, upacara wisuda dan kegiatan yang sifatnya kalem. Mungkin pengelola bisa memilih kegiatan-kegiatan yang akan diselenggarakan di GSP secara bijak. Agar kejadian yang sama tidak terulangi lagi.

2 thoughts on “Dibalik Megahnya Grha Sabha!

  1. agungahong says:

    kmrn sbnrnya udah ada aturan dr panitia KRI Nasional,

    DILARANG MEMBAWA BUNYI-BUNYIAN

    TAPI,
    KENYATAANNYA

    BANYAK YANG MELANGGAR

    apa tumon?

    • rafi says:

      Aturan sdh jelas suporter tdk boleh menghentakkan kaki ber-sama2, tapi kenyataannya kayak liat musik rock aja … puyeng bro

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s