Crop Circle dan Candi Borobudur

Setelah membaca Postingan ini, tiba-tiba saya menyadari bahwa ada karya seni lain yang jauh lebih artistik filosofis dan lebih keren pastinya. Tulisan ini tidak dimaksudkan untuk merendahkan karya seni lain seperti Crop Circle (maaf ya alien😀 )

 

Bersepeda ke Candi Borobudur

Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah berada di areal perbukitan. Candi ini merupakan candi Buddha terbesar di dunia dan menjadi tempat peribadatan sampai saat ini (meskipun lebih terkenal sebagai tempat wisata).  Saya tidakakan mengupas lebih banyak cara pembuatannya karena memang otak saya tidak sampai memikirkan bagaimana batu-batu berukuran raksasa itu diangkat sampai ketinggian puluhan meter😀 serta ukiran-ukiran yang indah pada reliefnya.

Pemberitaan di media yang akhir-akhir ini selalu menyiarkan kabar-kabar buruk seperti kasus korupsi yang tak kunjung usai, bencana alam dan lain-lain. Maksudnya memang baik, yaitu bahwa fakta buruk tentang negeri ini yang memang harus di kontrol oleh masyarakat dan media sebagai sarana untuk menginformasikannya. Namun, pemberitaan buruk terus menerus akan membuat masyarakat terkesan sinis memandang kehidupan ini. “Kok yo apa-apa elek’e terus ora ono apike blas”

Nah begitu ada pemberitaan yang sensasional seperti Crop circle masyarakat langsung penasaran dan terkesima apalagi Crop circle ini yang pertama di Indonesia. Akhirnya masyarakat dibiarkan untuk berimajinasi ria, siapa yang bisa menciptakan hal seperti ini? Berbagai spekulasi muncul mulai dari alien😀😀 hingga mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) yang dituduh sebagai “tersangka” dalam kasus ini. Crop circle seolah memberikan penyegar ketika masyarakat terus dibanjiri hal-hal buruk di negeri ini.

Mudah-mudahan masyarakat juga menjadi segar ketika mengetahui bahwa banyak hal luar biasa yang ada di Indonesia. Kalau dengan Crop circle masyarakat saja bisa seperti itu seharusnya kita juga bisa terkagum-kagum dengan Candi Borobudur, Candi  Prambanan, Rumah Gadang serta bangunan lain yang diciptakan oleh tangan-tangan kreatif dan berjiwa seni tinggi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s