Ujian Masuk UGM 2011 ditiadakan?

Gedung Rektorat UGM

Keputusan ini diambil beberapa hari yang lalu dan cukup mengejutkan banyak pihak. Ketika pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan Nasional menegaskan bahwa ujian mandiri yang diselenggarakan universitas harus dilaksanakan setelah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri  (SNMPTN) UGM tetap ngotot menyelenggarakan UM sebelum SNMPTN.Padahal seharusnya jika UGM ingin melaksanakan Ujian Masuk yang biasanya diselenggarakan bulan April, maka harus dilaksakan setelah SNMPTN yang biasanya digelar pada bulan Juli. Namun akhirnya UGM menutup jalur Ujian Masuk UGM 2011 dan memperbesar proporsi mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN yang tahun lalu hanya sekitar 18%, bisa dilihat disini

UGM Untuk Semua

Saya sendiri menyambut baik keputusan itu mengingat ada beberapa hal yang selama ini perlu dikritisi. Salah satunya adalah kesempatan yang tidak merata bagi putera dan puteri terbaik seluruh Indonesia yang ingin menuntut ilmu di UGM. Selama ini proporsi terbesar mahasiswa yang diterima UGM melalui jalur Ujian Tulis (UTUL) yang kuotanya mencapai 70%. Namun lokasi pelaksanaan Ujian Tulis hanya terbatas pada beberapa kota saja. Sehingga untuk berpeluang masuk UGM melalui pintu yang kuotanya paling besar sudah dihadapkan pada kendala jarak lokasi ujian. Belum lagi soal Ujian Tulis UGM yang terkenal sangat sulit.

Dengan menjadikan SNMPTN sebagai jalur masuk UGM dengan proporsi terbesar, diharapkan julukan UGM sebagai universitas nasional tidak hanya slogan semata. Dengan begitu komunikasi, serta interaksi antar budaya pada mahasiswa yang notabenenya adalah pemimpin masa depan dapat berjalan dengan bai. Bukankah pemimpin bangsa sebesar dan semajemuk Indonesia harus bisa menghargai perbedaan?

 

3 thoughts on “Ujian Masuk UGM 2011 ditiadakan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s