SELEPAS SMA MAU KEMANA?

Bagi sebagian teman-teman yang masih SMA dan sederajat mungkin masih membayangkan “mau jadi apa ya?”

 

Kuliah di UGM memang sudah kurencanakan sejak dulu😀

Waaah itu memang kondisi yang wajar terutama kelas XI atau XII. Tentu kita akan punya banyak keinginan selepas lulus SMA nanti. Apakah mau bekerja, mau melanjutkan pendidikan atau mau menganggur. Lho?

Banyak orang-orang hebat mengatakan, kesuksesan muncul karena perencanaan yang matang dan kerja keras. Betul itu dan saya sendiri merasakannya.

“iya po?”

“hahaha, tapi aku merasakan betul kegagalan karena perencanaan yang amburadul. Gitu maksudku”

Nah mumpung kalian masih sekolah nih, tidak ada salahnya mempersiapkan masa depan dari sekarang. Perbanyaklah mencari informasi, jaringan serta bertanya kepada orang-orang yang sudah berpengalaman.

 

Setelah Sekolah Mau bekerja

Selepas SMA langsung bekerja memang tidak ada salahnya. Bisa mencari uang sendiri tanpa membebani orang tua kita tentu sebuah kebanggan. Apalagi dapat diterima di perusahaan yang bonafit. Hanya saja memang tidak mudah mewujudkan semua itu. Untuk masuk ke perusahaan bonafit membutuhkan banyak persyaratan. Keahlian, kecerdasan serta kondisi jasmani yang fit memang harus dipenuhi oleh pelamar. Selain itu bekerja di perusahaan top dengan posisi yang enak, jarang sekali yang mensyaratkan lulusan SMA atau SMK. Jadi kamu harus punya keahlian yang lebih terhadap bidang tertentu.

Rajinlah mencari informasi seputar lowongan pekerjaan pada orang-orang terdekatmu. Siapa tahu mereka punya hubungan dengan perusahaan sehingga jika sewaktu-waktu ada lowongan, kalianlah yang pertama kali mengetahui. Hehehe bukan berarti nepotisme lho, tapi dunia saat ini adalah masalah network alias jaringan. Jangan jadi katak dala tempurung😀. Oh iya kalau mau mendaftar perusahaan ya segala persyaratan yang diminta harus dipenuhi, misalnya CV, ijazah, surat keterangan baik dll. Masalahnya persyaratan administrasi adalah mutlak dan tidak ada toleransi. Dan jangan lupa siapkan diri menghadapi seleksi, jangan gugup, jangan ragu, tapi percaya diri lah. Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai perusahaan tersebut sehingga dalam tes wawancara kamu dianggap antusias untuk dapat diterima perusahaan tersebut.

 

Setelah Lulus Melanjutkan ke Perguruan Tinggi

Nah saat ini jumlah perguruan tinggi sudah mulai menjamur.Sehingga akses untuk mendapatkan gelar sarjana pun sebetulnya semakin mudah. Masalahnya semakin tinggi kualitas perguruan tinggi tersebut akan semakin sulit menembus seleksinya karena jumlah peminat yang besar. Sekedar informasi aja, untuk masuk UGM tahun 2010 aja jumlah pesertanya mencapai 60.000 sementara yang diterima sekitar 6000 mahasiswa. Berarti perbandingannya adalah 1:10, atau dari 10 pelamar hanya 1 yang diterima. Nahh kalau sudah seperti ini sih, aku sangat menyarankan, PERSIAPKAN TES TES MASUK PERGURUAN TINGGI. Jangan lupakan materi-materi yang diberikan pada kelas satu, dua atau tiga. Selain tes tertulis beberapa perguruan tinggi juga melakukan tes tambahan seperti, tes jasmani, tes psikologis dan lain-lain.

Perguruan tinggi ada beberapa jenis yaitu:

1.       Perguruan tinggi negeri yaitu perguruan tinggi yang dikelola oleh Departemen Pendidikan Nasional. Karena masih disubsidi oleh negara, maka biayanya relatif terjangkau tanpa mengesampingkan kualitas. Oleh karena itu peminat perguruan tinggi sangat besar.

Contoh : Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, dll.

2.       Perguruan tinggi swasta, yaitu perguruan tinggi yang dikelola yayasan atau perseorangan. Karena tidak disubsidi oleh pemerintah maka biayanya relatif mahal, namun ada juga yang biayanya murah namun teman-teman harus memperhatikan betul akreditasinya (penilaian terhadap program studi PT tersebut). Jangan sampai murah tapi kegiatan belajar mengajarnya juga tidak memperhatikan kualitas..

Contoh : Universitas Islam Indonesia, Universitas Trisakti Jakarta dll.

3.       Perguruan tinggi kedinasan yaitu perguruan tinggi yang dikelola oleh lembaga dengan tujuan mempersiapkan regenerasi dalamlembaga tersebut.Gampangannya kalau kalian lulus kalian pasti dapat langsung kerja dilembaga yang mengatasi perguruan tinggi tersebut

Contoh : Akademi TNI dibawah institusi TNI. STPI dibawah institusi Departemen Perhubungan, Sekolah Tinggi Akutansi Negara dibawah Departemen Keuangan

Nah di postingan selanjutnya, akan aku tulis mengenai bagaimana kuliah dengan beasiswa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s