Berkunjung Ke Balai Yasa Yogyakarta

Beli Dawet di depan Balai Yasa,,Mak Nyuss tenan

Akhirnya aku bisa masuk ke Balai Yasa Yogyakarta setelah beberapa waktu lalu aku masuk secara ilegal melalui gerbang barat bengkel lokomotif ini. Sebetulnya kunjunganku kali ini bermaksud mengetahui prosedur kunjungan tamu. Kebetulan aku ingin mengajak beberapa teman-temanku ke Balai Yasa ini, tujuannya supaya mereka lebih tertarik dengan dunia kereta api Indonesia khususnya Yogyakarta.Setelah piket di Mako, aku langsung gowes ke Lempuyanan di mana bengkel lokomotif ini berada.

Ternyata Balai Yasa Yogyakarta sudah lama didirikan yaitu pada tahun 1914 hampir seabad yang lalu. Pada awal didirikan Balai Yasa Yogyakarta bernama Centralwerkplaats yang memiliki tugas pokok melaksanakan overhoul lokomotif, gerbong dan kereta milik perusahaan swasta Nederland Indische Spoorweg Matschapij (NIS). Lalu pada tahun 1942 saat masa penjajahan Jepang Balai Yasa di ambil alih oleh pemerintah Jepang, tapi aku tidak tahu dijadikan apa Balai Yasa ini oleh Jepang. Lalu pada tanggal 28 September 1945, lebih dari sebulan pasca kemerdekaan Republik Indonesia Balai Yasa diambil alih oleh Pemerintah Indonesia dengan nama Balai Karya. Baru pada tahun 1959 nama Balai Yasa digunakan dengan tugas hanya melaksanakan overhoul lokomotif. Balai Yasa Yogyakarta memiliki luas tanah sekitar 128.800 meter persegi dan luas bangunan 43.700 meter persegi. Balai Yasa Yogyakarta terletak di Kota Yogyakarta tepatnya di 1 km sebelah timur Stasiun Lempuyangan.

Ruang Kepala Balai Yasa

Tiba di sana aku di sambut oleh seorang petugas satpam yang ramah ditambah ternyata dia hobi bersepeda😀 Setelah itu aku diminta bertemu Pak Amirudin yang memiliki wewenang dalam urusan mahasiswa, entah itu untuk PKL atau sekedar kunjungan. Syukurlah prosedur untuk melakukan kunjungan hanya dengan membuat surat permohonan kepada Kepala Balai Yasa kemudian nanti dihubungi untuk diberitahu waktu kunjungan.

Aiih ada robot dari bagian kereta api,,,heheeh lucunya pakai busana jawa

Akhirnya aku pulang dengan puas sekali bisa mengambil beberapa gambar suasana di dalam Balai Yasa, setelah itu aku bermaksud bertemu dengan Pak Untung, seorang satpam di sektor barat Balai Yasa yang kutemui beberapa waktu lalu. Namun, gerbang megah bertuliskan angka 3 itu ditutup, dan mungkin lain waktu aku bisa bertemu degan bapak yang ramah itu lagi

3 thoughts on “Berkunjung Ke Balai Yasa Yogyakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s