PENYUSUPAN KE BALAI YASA PENGOK YOGYAKARTA (BENGKEL LOKOMOTIF) Share

Jumat Siang itu (Tanggal nya lupa) seperti biasa aku menyusuri Yogyakarta dengan sepeda ijo ku yang mulai agak ‘sakit’. Perjalanan kali ini adalah menemukan bengkel lokomotif atau balai yasa Pengok yang ada di daerah Pengok, Yogyakarta. Perjalanan dimulai dengan menyusuri rel ke arah timur Stasiun Lempuyangan, namun aku tidak menemukan rel yang membelok ke arah utara. Dari kejauhan ada bangunan yang cukup tinggi yang bertuliskan “BALAI YASA YOGYAKARTA” aku pun menyebrangi rel dan melewati gang-gang sempit perkampungan yang padat.
Ketika ada sebuah jalan menanjak ternyata karena bersimpangan dengan rel, ketika melaluinya, aku melihat sebuah sudut dengan pintu gerbang yang cukup besar dari balik ku lihat sebuah lokomotif merah yang mengingatkanku pada waktu kecil.
Yeaaah Gotcha, ku temukan Balai Yasa Pengok, namun ini bukanlah pintu utama. Kuberanikan diri menyusuri rel yang sudah berkarat itu kemudian membuka gerbang besarnya, daaaaan Jreeeeeeeeeeeeng
Beberapa lokomotif tua seakan menyambutku degan latar belakang bangunan Balai Yasa Pengok yang cukup megah. Di depan sana ada menara pos penjaga. Awalnya aku ragu untuk masuk lebih jauh, mengingat ini adalah sebuah bengkel yang harus steril dari segala aktivitas yang tidak ada sangkut pautnya dengan kegiatan teknis. Namun karena rasa penasaran kuberanikan diri “nyelenong” hingga aku di tegur oleh pak penjaga yang ternyata bernama Pak Untung.
“Hei mau kemana mas?” tanya dia tegas
“Emmm mau liat lokomotif pak”
“Gak boleh masuk mas”
“Hmmm tapi kalau dari sini bisa pak?”
“bisa tapi jangan masuk-masuk”

Akhirnya aku bisa melihat kondisi Balai Yasa meskipun tidak bisa masuk ke dalam. Dari situ kami mengobrol akrab tentang kondisi balai yasa. Pak untung sudah 15 Tahun bekerja disini. Waktu sholat Jumat sudah hampir tiba dan aku pamit sama Pak Untung. Pak Untung bilang kapan-kapan main lagi kalau ada waktu, yeaah

Balai Yasa Pengok Yogyakarta

2 thoughts on “PENYUSUPAN KE BALAI YASA PENGOK YOGYAKARTA (BENGKEL LOKOMOTIF) Share

Leave a Reply

