Nggowez Ke Kulon Progo

Setelah berdebat dengan seseorang *dan aku kalah, kuputuskan untuk pergi menjauh dari suasana UGM yang membuat liburan Nyepi kali ini gak kerasa libur. Karena masih-masih sangat bersalah karena gak bisa dateng saat pemasangan baliho gambar tragis di Klaten, aku mau melakukan sesuatu yang ketinggalan dari metode yang harus dilakukan,,yaitu observasi pengendara kendaraan bermotor di perlintasan KA tanpa palang. Tujuanku yaitu ke Kulon Progo yang berdasarkan catatanku, paling banyak memiliki perlintasan yang tidak dijaga alias tanpa palang.

Di Jembatan Kali Progo

Seperti biasa tidak ada persiapan khusus untuk long trip kali ini, selain membawa minum, dua buah Slai Olay yang enak itu dan tentu aja pakaian yang modis,tapi celakanya aku lupa tragedi Temanggung “KALAU LONG TRIP JANGAN PAKAI CELANA JEANS,BOKONGMU KASIHAN” hahahahhaha.
Perjalanan di mulai dari Kuningan sekitar 11:30 menyusuri Jalan Colombo>>Jalan Prof Yohannes>>Jalan Sudirman>>Jalan Mangkubumi>>Jalan Malioboro>>Jalan Senopati luruuuuuuuuss terus menyusuri Jalan Wates.

Perjalanan kali ini terasa menyenangkan karena dihibur oleh lagu-lagu yang bagi ku sangat menyenangkan:
1. Sherina : Jalan Cinta (hahahah padahal aku gak punya kenangan cinta sama sekali di Jalan Wates)
2. Viqi Alan : Astronot CIlik (amiinn mudah-mudahan aku jadi astronot)
3. Paduan Suara ITB : Gamelan
4. Marching Band Semen Padang : Talempong
5. Indang : Itu lho yang ding ding pak ding ding ooiii
6. Marching Band UGM : GPMB 2005
7. Champione : Championeeee Championeeee Oooooo Oooooo (Piala Dunia 2006)

Saat itu Jalan Wates sangat-sangat panas,,,aku pakai baju lengan panjang, Helm, dan celana jeans,,sambil menggoyang-goyangkan kepala mengikuti irama lagu. Tapi jangan dibiasakan yaa nggowes sambil denger musik,,,gak bagus.

Hingga akhirnya aku sampai di Jembatan Kali Progo,,,yeaaah just a little moment to west progo. Di jembatan ini aku memotret sepedaku sebagai bukti buat orang-orang yang gak percaya kalo aku suka long trip alone,,,hahahha,,,sialnya aku takut sendiri begitu ada truk besar lewat dan saat melintasi sambungan jembatan,,tiba-tiba aku merasa ‘gempa’ yang cukup besar. Eyalaaaaah ….gak taunya episentrum gempanya ada di sambungan jembatan tadi yang dilewati truk,,,malu aku sama pekerja yang lagi memperbaiki jembatan mungkin mereka pikir *Makanya Om,,,jadi kuli,,,,jembatan goyang kok panik hahahah ,,,mahasiswa kok ndeso*

Kemudian perjalanan dilanjutkan dan aku disambut oleh gerbang Selamat Datang di Kulon Progo,,tapi ups,,Si Kecamatan Sentolo, ternyata gak kalah ngeksis,,,Sontoloyo eh Sentolo ini juga masang papan yang tulisannya Sentolo di depan gerbang tadi,,,foto-foto dulu ah.
Selamat Datang Kabupaten Kulon Progo,,,Selamat Datang Kecamatan Sentolo
Setelah nggowes sedikit akhirnya aku menemukan apa yang aku cari. Sebuah papan pengumuman yang tulisannya:
AWAS BERBAHAYA
PERLINTASAN KERETA API TIDAK DIJAGA
Hmmmm Berbahaya,,,,tapi menarik
Peringatannya tertutup pohopn padahal sangat berbahaya,,,TANPA PALANG
Hahahaha andaikata suasana sepi mau dah sujud syukur dipinggir jalan *lebaayy. Akhirnya menemukan juga perlintasan maut itu yang bagi ku adalah harta karun yang sangat berharga. Perlintasan ini cukup unik karena rel kereta api berada lebih rendah dari jalan sehingga jalan harus menurun dan rel kereta pada tempat ini menikung di sisi timur. Hal ini sangat menyulitkan pengendara kendaraan bermotor melihat datangnya kereta. Tapi setelah aku bertanya pada sekitar apakah pernah ada kecelakaan, mereka jawab tidak. Ya mungkin karena jalannya tidak bisa dilalui kendaraan roda empat.
Selamat Datang Sepeda Hijau (Kota Wates)

Perjalanan dilanjutkan ke Kota Wates. Haaaaa akhirnya tinggal Wonosari,,satu-satunya ibukota Kabupaten di Jogja yang belum pernah aku singgahi bersama si Bejo (sepeda ku) ini. Hmmm kapan ya bisa ke Wonosari yang kayaknya impossible kalau pakai sepeda,,,hmmmm selama ada jalan dan sepeda bisa lewat pasti bisa aku lewati….

Leave a Reply

