Seputar Penutupan Jalan di Kampus UGM

Penutupan beberapa ruas jalan di kampus UGM, bukannya tanpa alasan. Aku merasakan, ketika berangkat entah untuk kuliah atau kegiatan-kegiatan lain di kampus, nyawa menjadi taruhannya, padahal di kampus sendiri. Begitu keluar dari kampung Kuningan, Jalan Notonagoro di depan Masjid Kampus UGM udah kayak sirkuit balap rally, ngebut semua, ditambah jalanan yang menurun. Belum lagi asap bis kota yang sudah seperti lokomotif kereta jadul di Ambarawa. Seperti yang sudah aku tulis di Note ku sebelumnya, mungkin karena suasananya khusus ditambah jarangnya polisi yang patroli di dalam kampus, pengendara motor justru lebih leluasa melakukan hal-hal gila. Seperti dua kendaraan motor, dimana mereka saling mengobrol saat kendaraannya berjalan, berkendara sambil sms, serta berjalan melawan arah. Apakah tidak menyadari, perbuatannya dapat membuat tulang orang lain patah, dapat membuat darah segar berucucuran, dapat membuat sedih ibu yang telah melahirkannya, dapat membuat penjual batu nisan kebanjiran order, membuat lahan kuburan kuan berkurang.

lho,,,dia kan juga bisa jadi korban

EGP (Emang Gw Pikirkan)

Belum lagi di Boulevard, jalanan yang lebar dan lurus serta pemandangan yang (lumayan) bagus, sudah seperti jalan tol. Ngebutnya bukan main. Masalah kecelakaan dan lain-lain itu hal yang biasa di sini. Terkadang boulevard juga dipakai untuk belajar mengendarai mobil. Wah wah,,ancaman di kampus sendiri.

Kampus Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

Kampus Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

Cukup setuju sih pembatasan kendaraan yang masuk kampus, tapi kalau sudah dikomersialisasi (kalau melibatkan pihak swasta untuk menarik uang dari mahasiswa apa itu gak komersialisasi??) lain ceritanya. Meskipun aku gak pakai kendaraan bermotor, tapi tetap saja aku bisa merasakan “keberatan” dari temen-temen yang bermotor. Tampaknya kampus ini perlu mengingat kembali sejarahnya. Kampus ini ada karena kedermawanan seorang raja yang ingin mencerdaskan orang-orang di negerinya. Ketika kampus ini dituntut kedermawanannya,,,akankah uang menjadi jawaban yang tepat??

3 thoughts on “Seputar Penutupan Jalan di Kampus UGM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s