Bagiku, Millau Adalah Jembatan yang Paling Indah di Muka Bumi

Jembatan Millau

Awalnya aku cukup bangga dengan selesainya Jembatan Suramadu yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Madura. Namun setelah aku menemukan gambar jembatan yang ada di Prancis selatan ini, rasanya Suramadu itu biasa-biasa aja. Tapi gak apalah, untuk ukuran Indonesia, Suramadu itu cukup mengesankan.

Jembatan Tertinggi di Dunia

Jembatan Millau adalah sebuah jembatan jalan raya yang menyeberangi lembah Sungai Tarn, Millau di sebelah selatan Perancis. Jembatan Millau atau  dalam bahasa Perancis disebut Viaduc de Millau merupakan jembatan “vehicular” tertinggi di dunia. Tinggi puncak tonggaknya mencapai 341 meter, lebih tinggi dari Menara Eiffel dan ada tujuh tonggak yang menopang jembatan ini. Saking tingginya terkadang jembatan ini berada di atas awan. Seperti yang terlihat dalam gambar. Tapi ini wajar kok, karena Jembatan Millau ini berada di daerah pegunungan, jadi awannya memang lebih rendah. Oh iya yang membangun jembatan indah ini adalah perusahaan konstruksi Eiffage yang juga membangun Menara Eiffel. Sementara sang arsitek adalah Norman Foster. Jembatan ini dibangun pada tahun 2001 dan selesai tahun 2004.

Menembus Awan

Sama halnya seperti Suramadu, pengemudi yang melewati jembatan ini juga dikenakan retribusi sebesar 4,6 Euro atau sekitar Rp. 50.000.

Perancis itu memang hebat ya, keindahan dan teknologi selalu bertemu di negeri mode ini, ck ck ck. Setelah Pesawat Concorde, Terowongan Channel, dan Jembatan Millau, apalagi ya karya spektakuler Perancis di masa depan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s