Keunikan Kereta Api Indonesia

Dari dulu aku emang suka naik kereta, mulai dari yang ekonomi sampai yang eksekutif kecuali kereta wisata yang jelas-jelas mahal banget. Hehehe. Meskipun transportasi massal ini sering diperbincangkan karena masalah keamanan dan kenyamananya, tetapi bagiku kereta api adalah angkutan yang sangat berkesan. Terlebih saat aku kecanduan waktu SMA ke Jakarta-Bogor-Jakarta naik Kereta Rangkaian Listrik (KRL). Terus apa sih keunikan kereta-kereta tersebut? Setau aku:

1. Kereta Api Argo Dwipangga adalah satu-satunya kereta yang tidak menggunakan nama gunung meskipun di depannya menggunakan kata argo, seperti Argo Gede, Argo Lawu, Argo WIlis.

2. Nama kereta Api Bangunkarta tujuan Jakarta-Jombang bukanlah nama kota, tetapi merupakan singkatan nama kota yang dilewatinya jomBANG madiUN jaKARTA, inipula yang menginspirasikan aku menggunakan tengakarta sebagai banyak akun di internet😛

3. Kereta Api Taksaka tujuan Jakarta-Yogyakarta berasal dari nama taksaka yang berarti naga

4. Sementara nama Kereta Api Sembrani berasal dari kata sembrani yang berarti kuda

5. Kereta Api Bima tujuan Jakarta-Surabaya yang melewati Yogyakarta dulu memiliki design berupa kamar, bukan tempat duduk

6. Jalur kereta api antara stasiun Cikini hingga Stasiun Jayakarta di Jakarta dulu menempel di tanah tidak dibangun rel layang seperti saat ini

7. Kalau anda mengira bahwa Terowongan Ijo adalah terowongan kereta api terpanjang di Indonesia, maka perkiraan anda salah. Terowongan kereta api terpanjang di Indonesia yang hingga saat tulisan ini dibuat masih aktif dlalui kereta api adalah Terowongan Sasaksaat yang terletak di antara Bandung dengan Purwakarta.

8. Sementara jembatan kereta api terpanjang adalah Jembatan Cikubang yang berada di Jawa Barat, panjangnya sekitar 300 meter

9. Di Jakarta stasiun dengan jumlah jalur keberangkatan terbanyak dan hampir semuanya aktif adalah Stasiun Jakarta Kota, dengan 12 jalur dan melayani seluruh penjuru kota Jakarta, Bogor, Bekasi, Tangerang, dan kota-kota di Pulau Jawa, dan ini adalah tantangan bagi para petugas untuk menginformasikan jalur pemberangkatan sesuai tujuan kereta kepada penumpang😛

10. Stasiun yang telah bangun dari mati suri adalah Stasiun Tanjung Priok, setelah lama tidak berfungsi kini Stasiun Tanjung Priok yang merupakan peninggalan Belanda kini sudah melayani perjalanan dalam kota dan luar kota meskipun dalam jumlah yang terbatas

11. Depo kereta api terbesar di Asia Tenggara adalah depo kereta yang dibangun di Depok, Jawa Barat baru-baru ini

12. Di Jakarta mungkin terowongan kereta api hanya berada di sebelah selatan Stasiun Cawang yang di atasnya merupakan Jalan MT Haryono, sebuah jalan yang cukup lebar karena terdiri dari jalan tol dan jalan arteri

13. Di Jakarta anda masih bisa menemukan jalur kereta yang masih rel tunggal, yaitu antara Stasiun Duri hingga Stasiun Tangerang. Seharusnya jalur ini mampu membantu kepadatan Jaan Daan Mogot.

14. Tau Kereta Pakuan dan kereta ekspres lainnya di Jakarta? Di Jepang kereta tersebut adalah kereta kelas ekonomi, sementara di Jakarta?

15. Hanya Jabotabek yang memiliki elektrisasi kereta api, namun bagi warga Bandung ada kabar gembira, pemerintah akan membangin jaringan listrik dari Jakarta ke Bandung, entah kapan terealisasinya.

16. Tau Kereta Api Harina tujuan Bandung Semarang? Dulunya kereta ini melalui Bandung-Kroya-Purwokerto-Prupuk-Semarang namun karena rute yang sepi penumpang maka kini KA Harina berubah trayek Bandung-Cikampek-Cirebon-Semarang

17. Kereta api tercepat yang diakui sampai saat ini adalah Argo Bromo Anggrek, dengan harga tiket antara 200-350 ribu rupiah anda dapat menempuh perjalanan Jakarta-Surabaya hanya dengan waktu 9 jam! Uniknya penobatan kereta api tercepat di Indonesia bukan berdasarkan kecepatan kereta saja, tapi lebih dihitung berdasarkan jarak tempuh dengan waktu tempuh.

18. Kecelakaan kereta api yang paling fatal adalah tragedi Bintaro yang menewaskan lebih dari 100 orang

19. Anda tahu Kota Temanggung? Meskipun berada di ketinggian, kota ini dulu memiliki jalur kereta dengan tujuan Magelang Jogjakarta dan Ambarawa.

20. Stasiun Kampung Bandan adalah stasiun terunik, ada dua jalur rel yang saling berpapasan satu dibawah stasiun dan satu lagi di atasnya Hehehe kayaknya itu aja deh yang aku tau. Masih banyak hal-hal unik lainnya tentang perkeretaapian di Indonesia. Nanti aku update lagi.Oke

41 thoughts on “Keunikan Kereta Api Indonesia

  1. Mbah Darmo says:

    Terowongan KA terpanjang di Indonesia bukan Sasaksaat, tetapi terowongan Wilhelmina (1.200m) yang berada di jalur Bandjar-Tjidjoelang.

    Lokomotof penarik Argo Anggrek sebagian besar dari seri CC-203, belakangan ini juga CC-204. Kalau KA Progo biasanya ditarik lok CC-201, hanya kalau accidental saja ditarik CC-203. Di depo induk YK memang ada lok cadangan seri CC-203, yang biasa untuk mem-backup lok lain yg mengalami kerusakan.

    Lok cadangan ini juga sering menarik kereta ketel dari Rewulu, juga sering menarik kereta parcel dari Lempuyangan. Jika sedang tidak dinas, lok ini diparkir di Dipo Induk YK (sebelah barat stasiun Tugu), silakan lihat kapan-kapan kalau sempat.

    Temanggung merupakan salah satu kota lintas tengah Jateng. Bekas stasiun Temanggung kini ditempati Kantor Dispenda, jalur ini terhubung ke jalur Yogyakarta-Semarang, bertemu di Stasiun Setjang setelah melewati Parakan.

    Jalur lain yang tidak banyak diketahui adalah Purwokerto Wonosobo, yang dulu dilayani oleh perusahaan SDS (Serajoedal Stoomtrams Maatschapij)

    • Terowongan Wilhemina kan sudah tidak dilalui kereta api lagi, sementara postinganku di atas adalah terowongan terpanjang yang masih di lalui kereta api, terlebih Terowongan Sasaksaat adalah salah satu jalur utama yang menghubungkan Bandung dengan Jakarta

      Maka dari itu, penetapan kereta tercepat lebih dihitung kepada lokomotifnya. Apalagi setelah kereta api Progo (dulu empu jaya) sering mengalami kecelakaan, maka perbaikan terus di lakukan.

      Jalur kereta lintas tengah Jawa Tengah terputus di stasiun Parakan dan Stasiun Wonosobo, seandainya tidak ada pegunungan yang sangat sulit medannya, mungkin saja antara Parakan dengan Wonosobo, terhubung dengan rel kereta api. Padahal pemandangannya cukup indah.

  2. indra says:

    sama juga kereta jalur ke ciwideuy, mudah-mudahan dibangun lagi. kalau saya jadi presiden sudah saya bangun lagi rel kereta mati di indonesia, sama jalur KA yang di sumatra disambung dari lampung sampai aceh bahkan saya buat terowongan KA yang menghubungkan merak dengan lampung seperti di inggris-perancis.

  3. urif rahmanovic says:

    wat mas Iwan B Santoso, mana info terupdate ttg perkereta apian indonesia. saya jg sangat menyukai alat transportasi ini.
    ditungguu y!

  4. mas iwan,,,saya menyukai tentang kereta api sejak dulu,,,baru waktu kuliah aja ketauan sama teman2…aku lebih sering cerita tentang kereta api sampe dibilang aku “asperger”

  5. Dindin. Sabardiman says:

    buat bung iwan boleh saya tambahkan setau saya jalur kereta api tertinggi diatas permukaan laut adalah jalur Cibatu – Cikajang yang berada diketinggian sekitar 1300 m dpl.Sayang jalur ini sudah mati. kalau dihidupkan lagi pasti asyik.

  6. Irfan says:

    Tambah ya~
    -KRDI adalah KRD (Kereta Rangkaian Diesel) pertama yang MURNI buatan Indonesia melalui PT.INKA.
    -KRD Prambanan Ekspres dan KRD Baraya Geulis adalah KRL Holec yang telah dimodifikasi menjadi bermesin diesel oleh PT.INKA.
    -KRD Arek Surokerto (Suroboyo-Mojokerto) adalah KRL Hyundai yang dimodifikasi.
    -KRL ekonomi tertua adalah KRL Nippon Sharyo Rheostatik buatan tahun 80-an.
    -KRL Tokyo Metro 7000 Series adalah KRL tercanggih di Indonesia.
    -KRL JR103 dan JR203 adalah satu-satunya KRL buatan Japan Railways.
    -KRL I atau KRL Djoko Lelono 3 adalah satu-satunya KRL buatan Indonesia melalui PT.INKA.
    -KRL KfW adalah KRL buatan kerjasama Indonesia-Belanda yang melayani Jakartakota-Kampungbandan.

  7. Ada lagi. Biarpun KA satwa, Bima, Gajayana, adalah KA yang hampir selalu menang silang dengan KA ekspress lainnya, bahkan KA argo. Kedua KA tersebut bahkan lebih oke dari KA Argo. Dan, Bima, Gajayana, dan Bangunkarta adalah KA satwa yang tidak memakai nama Binatang

  8. Serta, KA yang paling cepat waktunya adalah Bima. Sekarang GMR-SGU 12 jam. Dulu 13 jam. DAN, rutenya lebih Jauh dari Argo Bromo Anggrek, karena melewati yogyakarta. serta, KA Argo Bromo Anggrek sekarang menempuh dalam waktu 10 jam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s