Satu Persatu Pesawat-Pesawat itu Membumi

Pesawat mana lagi yang akan membumi

Pesawat mana lagi yang akan membumi

Helikopter Puma SA330 yang jatuh di Pangkalan Udara (Lanud) Atang Sendjaja adalah kecelakaan yang ketujuh kalinya melanda Tentara Nasional Indonesia (TNI). Banyak hal yang diduga menjadi penyebabnya, antara lain human error, machine error, natural disaster, atau maintenance error. Oleh para politisi kecelakan disebabkan oleh kurangnya anggaran belanja pertahanan negara. Namun apapun penyebabnya sebaiknya mari kita renungi, bukan dengan berkoar-koar meminta anggaran pertahanan dinaikkan.

Kecelakaan demi kecelakaan yang terjadi akhir-akhir ini sungguh unik. Biasanya pasca kecelakaan, pihak yang berwenang akan menyelenggarakan evaluasi besar-besaran agar tidak terulang kembali. Seluruh sistem di evaluasi kemudian diambil keputusan, apa penyebabnya dan mengapa bisa terjadi. Bahkan hampir sebagian besar dari kecelekaan yang terjadi dalam empat bulan terakhir ini ada di Pulau Jawa, yang seharusnya memudahkan koordinasi antar satuan. Kejadian ini lantas membuat presiden beberapa hari yang lalu menginstruksikan agar operasi dengan menggunakan alutsista dikurangi. Mungkin sang presiden khawatir banyak pesawat yang nanti akan membumi lagi.

Ketika aku mengikuti Latihan Dasar Bela Negara di Dodik Bela Negara Rindam Diponegoro, aku dinasihati oleh salah satu petinggi TNI, beliau bilang:

“kamu lihat bagaimana fasilitas pendidikan ini? semoga ketika kamu menjadi pemimpin nanti bisa merubah tempat ini, ya mudah-mudahan seperti West Point lah, Indonesia itu sangat luas, kalau pendidikan prajurit kita seperti ini, ya bagaimana menurutmu?”

Aku menyadari bahwa yang perlu dinaikan anggaran bukan hanya alutsista semata. Banyak fasilitas lainnya yang harus segera dibenahi, seperti institusi pendidikan militer dan lain-lain. Huaaaahhh ngantuk, udah ah capek ngeluh mulu. Zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s