Profil Marching Band UGM

Logo MB UGM

Logo MB UGM

Marching Band UGM merupakan salah satu unit kegiatan kemahasiswaan di UGM yang bergerak dibidang seni. Seperti kutipan di atas, Marching Band UGM merupakan wadah bagi mahasiswa UGM untuk berkreasi, beraspirasi, dan berprestasi yang mengarah kepada pengembangkan kepribadian mahasiswa dan terus berusaha dalam pengembangan makna kehidupan. Karena juga tidak bisa dipungkiri bahwa pendidikan akademis belum sepenuhnya bisa menawarkan dan menyajikan pendidikan yang sifatnya lebih praktis dan lebih aplikatif yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

“kalau pak sentot (direktur kemahasiswaan) ,selalu menekankan pentingnya soft skill bagi para lulusan ugm, nah gabung aja di marching band ugm, disini anda akan merasakan pengalaman berorganisasi, mengasah kemampuan bermusik dan olahraga hehehe”

Sejak tahun 1979 Marching Band UGM lahir, telah bangun dan berdiri dengan tujuan untuk ikut aktif melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi serta mempererat kekeluargaan dan membina rasa cinta almamater. Terbukti dengan telah berkiprah, berkembang, dan turut memajukan dunia marching band baik di Jogja sendiri bahkan Indonesia.

“bagi aku marching band ugm tetep yang terbaik. asal tau aja aku masuk ugm sendiri sebetulnya gara-gara pengen ikut mbugm”

Kegiatan yang dilakukan dalam unit Marching Band UGM tentunya tidak terlepas dari usaha untuk menciptakan, menumbuhkan dan mengembangkan rasa kekeluargaan dan membina rasa cinta almamater itu sendiri. Dan perealisasiannya dilakukan melalui kegiatan-kegiatan yang sifatnya mengarah pada pembangunan dan pengembangan karakter yang berdisiplin tinggi, bertanggung jawab, dan memiliki kebanggaan terhadap apa yang diyakininya.

“seni, disiplin, organisasi, olahraga, teknik bermusik semuanya ada di sini”

Dalam keorganisasiannya, Marching Band UGM mempunyai visi “Dengan dilandasi semangat kekeluargaan dan gotong royong, Marching Band Universitas Gadjah Mada merupakan unit kegiatan mahasiswaan yang terbaik mewakili citra Universitas Gadjah Mada, kebanggaan masyarakat Yogyakarta, dan sebagai kiblat organisasi Marching Band di Indonesia. Sedangkan misi yang dirumuskan oleh unit ini adalah :

1. Menumbuhkembangkan kebanggaan korps Marching Band Universitas Gadjah Mada,

2. Menjadi duta terbaik Universitas Gadjah Mada dan masyarakat Yogyakarta.

3. Mempersiapkan para anggota menjadi manusia dewasa, baik sebagai pribadi maupun sebagai anggota Marching Band Universitas Gadjah Mada.

4. Memberi wadah dan lingkungan yang kondusif bagi berkembangnya setiap minat, bakat dan potensi anggota Marching Band Universitas Gadjah Mada menuju arah puncak prestasi, baik dalam kualitas permainan, berorganisasi, maupun berinteraksi terhadap lingkungannya.

Selain terus aktif dalam even-even kompetisi, Marching Band UGM juga aktif dalam even-even non-kompetisi baik yang bertaraf lokal, nasional, atau pun internasional, Beberapa diantaranya adalah Parade Senja di Istana Negara Republik Indonesia–Jakarta, Parade Senja di Gedung Agung–Yogyakarta, Parade pembukaan Festival Kesenian Yogyakarta, Hari Ulang Tahun Kota Yogyakarta, Harley Davidson Day se-Asia Pasific, Lifting – up the World with Onesses Heart bersama Sri Chinmoy, Upacara Pembukaan Raimuna, dan beberapa masih banyak lagi, baik yang bernuansa sosial budaya maupun komersial.

Keaktifan Marching Band UGM di luar kampus tak membuatnya lupa untuk selalu berpartisipasi di kandang sendiri, seperti dalam acara Dies Natalis UGM, Upacara 17 Agustus di halaman Rektorat UGM, Penyambutan Mahasiswa Baru, dan sejumlah acara kampus yang lain. Hingga saat ini, kegiatan yang masih terus dioptimalkan selain Marching Band sendiri adalah Brass Band, Big Band, Percussion Ensemble, Show Guard, Military Band, dan juga Mucic Corps.

Demikianlah, Marching Band UGM yang menjunjung nilai-nilai kehormatan almamater dan unit, kedisiplinan, kerjasama, kreativitas, regenerasi, dan senioritas, akan selalu berproses dengan satu motto : Bersama-sama Menuju Yang Terbaik

marching band ugm is the best deh

7 thoughts on “Profil Marching Band UGM

  1. kaya pernah baca or denger tulisan di atas,, dimana ya..?? di VCD 25 taon MB UGM bukan yak..??

    btw,, masuk UGM gara2 pengen masuk MB UGM..?? wah,, aku banget tuh..!! ahahaha,,

  2. dasar gak kreatif…! bikin sendiri kek.. kalopun ngambil dari mana,, tulis dong sumbernya dari mana.. gak diajarin di kampus yak..?? *wkekekeke*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s