Kuliah Perdana Psikologi Sosial

Di Psikologi Sosial nanti kita akan banyak belajar atribusi atau menilai orang lain (memberi atribut pada orang lain). Disini kita akan belajar menilai isi hati sesorang melalui komunikasi nonverbalnya.

“wah kayak ngeramal gitu wan?”

Hmmm gak juga sih, kalau meramalkan sama saja dengan memprediksi, nah kalau atribusi itu menilai keadaan dalam hati seseorang berdasarkan komunikasi nonverbal (perilaku, raut wajah, dll) saat itu juga. Contohnya begini lho, “aku bisa menilai kamu lagi sedih terlihat dari wajahmu yang menunduk dan pertemuan dua bibir yang melengkung ke atas”

Perilaku manusia sendiri dipengaruhi stimulus (segala sesuatu yang berhubungan dengan reseptor atau panca indera). Nah kalau mempelajari perilaku, kita harus tahu juga teori-teori tentang perilaku.  Mempelajari perilaku berarti mempelajari juga tentang hubungan stimulus dengan respon. Apa saja pandangan-pandangan teori tersebut mengenai perilaku:


Pandangan Behavioris

  1. Perilaku sangat dipengaruhi lingkungan (contohnya orang yang tinggal di daerah pesisir memiliki daya juang yang berbeda dengan orang yang tinggal di pegunungan)
  2. Individu seakan-akan tidak mampu untuk menentukan perilakunya (maksudnya seluruh perilaku individu hanya dipengaruhi oleh faktor lingkungan, tidak ada dorongan mental untuk melakukan perbuatan)
  3. Hubungan antara Stimulus dan Respon bersifat mekanistis/otomatis (misalkan ketika kamu dicubit, kita selalu mengaduh, membalas cubitan dll)


“wah berarti pandangan behavior ini menjadikan manusia seolah-olah tanaman putri malu, segala tindakannya dipengaruhi stimulus dari luar”

Pandangan Aliran Kognitif

Nah teori aliran kognitif ini merupakan kebalikan dari pandangan behavior. Apa aja? Check it out.

  1. Perilaku memang merupakan respon terhadap stimulus, namun individu dapat menentukan perilakunya
  2. Hubungan antara stimulus dengan respon tidak bersifat otomatis, melainkan ada inisiatif dari individu apa yang harus dia lakukan ketika mendapat stimulus tertentu (misalkan jika kita dicubit, kita tentu merasa sakit, tapi kita masih dapat memutuskan apakah kita mau membalas cubitan tersebut atau tidak.

“kamu wan, kalau dicubit pasti langsung bales, gak pake mikir”

Nah teori aliran kognitif ini banyak sekali tokohnya antara lain Pak Woodworth, Mas Kurt Lewin, Om Albert Bandura, dll.

Nah sekarang sekarang kita akan mempelajari tentang jenis-jenis perilaku menurut Om Skinner (1976). Menurut Om Skinner perilaku itu ada dua jenis:

  1. Perilaku alami (Refleksif/innate behavior/bawaan). Ciri-cirinya antara lain, perilaku ini dibawa sejak lahir. Terjadi secara spontan, terjadi secara otomatis. Respon akan muncul begitu menerima stimulus Dan kebanyakan stimulus tidak sampai ke otak. Contohnya adalah mata yang berkedip ketika kita tiup.
  2. Perilaku Operan (Nonrefleksif). Ciri-cirinya adalah, perilaku ini dikendalikan oleh otak. Bukan bawaan sejak lahir. Perilaku dipelajari dengan proses belajar. Respon tidak terjadi secara spontan dan stimulus yang datang terlebih dahulu diproses di otak. Nah perilaku operan ini yang banyak sekali contohnya. Apa hayooo?

Nah sekian dulu, sharing kuliah perdana Psikologi Sosial. Maaf banget kalau ada yang belum jelas. Tapi masih bisa ditanyakan kok lewat komentar. Oke terima kasih.

6 thoughts on “Kuliah Perdana Psikologi Sosial

  1. fauziah nur wahdhani says:

    . .eh,wan. nek neng ndaku (kelasnya Pak Hely) malah mbahas perceraian, perselingkuhan, kenapa qt bs jatuh cinta,,,gt2 d. but i like it. Pak Dosennya asyik ngajarnya,gag bqn tegang atw bosan. .

    . .yah,smwg kelas psi. sosialmu selalu menyenangkan. .^^

  2. fauziah nur wahdhani says:

    eh,wan. tapinya kita jgn jd permisif. walaupun dgn tameng profesionalitas, kita te2p punya tanggung jwb sosial….^^

  3. iya mbak betul saat ini banyak yang terlalu permisf dengan mengatasnamakan profesional
    Justru kalau tidak diimbangi dengan konteks sosial mana bisa disebut profesional

    mari jadikan imu psikologi sebagai obat sosial yang dapat menyembuhkan penyakit masyarakat

    okeeee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s