Buat Yang Mau Ikut UM UGM

Sebelum saya cuap-cuap disini, aku mau ngasih info tentang UM UGM yang dapat dilihat Disini

Nah pengalamanku waktu ikut UM UGM 2008 kelompok IPS, soal-soal UM itu kebanyakan ada di soal-soal tahun sebelumnya. Makanya bagi yang mau lulus UM UGM ya sebaiknya pelajari juga soal-soal lima sampai satu tahun sebelumnya.

Dilihat dari kualitasnya soal UM UGM emang lebih sulit terutama dalam bahasa Inggrisnya. Aku aja sempet kaget, soalnya tipe soal bahasa Inggris dalam UM UGM 2008 tuh lebih ke Grammar (itu kelemahanku)

Nah kalau mau masuk Psikologi UGM ternyata ada syarat khusus. Info dari dosenku (yang membuat soal tes potensi akademik) calon mahasiswa psikologi UGM harus memiliki skor IQ tertentu. Dan ini diambil dari Tes Potensi Akademik(TPA) UM UGM. Tapi aku gak tau juga kenapa Tes IQ diambil dari TPA.

Nah untuk tingkat kompetisi paling tinggi dalam UGM untuk kelompok IPA yang pasti kedokteran umum. Perbandingannya bisa melebihi 1:100. Lalu di kelompok IPS kompetisi paling ketat ada di jurusan Akuntansi. Sementara tingkat kompetisi paling rendah ada di jurusan filsafat dan peternakan. Padahal peternakan itu jurusan yang sangat prospektif. Hanya saja pola pikir generasi muda, mana mau jadi peternak.

78 thoughts on “Buat Yang Mau Ikut UM UGM

  1. anginbiru says:

    yang ada mah,, jangan masuk BIOLOGI kalo pengen ikutan MARCHING BAND..! itu ajah..! secara aku belom diwisuda juga gak ngaruh,, lha wong aku jarang ngampus..!! wkekeke,,

    • wah itu sih denger2 aja
      tapi setelah aku mempelajari psikologi
      kayaknya gak mungkin deh UGM melakukan itu
      Tes IQ (Tes Intelegensi) kan beda sama Tes Potensi Akademik
      Hihihi nanti di sini kamu akan belajar mengenai buanyak hualll

  2. Linda says:

    Gni,aq kn dr ank ipa,tp aq pgn bgt masuk psikology ugm.. Law aq mau ikt um ugm entr,kn hrs ngerjain soal ips.
    Nah,soal ips na tu,sulit gag,apakh aq perlu msk lez ips..
    Apa soal na tu ips umum?

    • Salam kenal Linda
      Psikologi UGM termasuk jurusan favorit di kelompok jurusan-jurusan IPS di UGM, bahkan pada tahun 2004, Psikologi adalah jurusan yang memiliki rerata nilai tertinggi di kelompok IPS.
      Kamu dari IPA? Waah jangan salah Linda, hampir setengah mahasiswa psikologi UGM adalah mereka yang waktu di SMA jurusan IPA. Masalah sulit atau nggak, itu relatif, mereka yang jurusan dari IPA kemudian memilih Psikologi UGM sudah pasti belajar tentang materi IPS (Sejarah, Geografi, dan Ekonomi akuntansi) serta Ilmu pengetahuan dasar.

      Jadi kalau kamu memang mau diterima ya belajar materi IPSnya juga ya,,,,Pasti bisa, (bagi aku) IPS kan lebih gampang dari IPA, kalau kamu orang yang pandai menghapal dan memahami suatu materi, aku yakin kamu pasti bisa.
      Aku tunggu ya di Psikologi UGM di 2010 ^.^v

      • anisa syahfawati says:

        kira-kira diselenggarakanya um ugm untuk 2011 kapan ya….
        untuk masuk psikologi susah g????

  3. kak iwaan numpang komen yaa.😀 haii linda, aku (dulu) juga anak ipa, tp berhasil kok masuk psikologi ugm. ^^

    mumpung UM masi agak lama,belajarlah dari sekarang.. ^^ jangan kyk aku, sistem kebut tiga bulan,hehehe

    sekedar saran, sih, ikut aja les ips. it’ll help. dan cari juga soal”UM bbrapa taun lalu.. x)

    selamat berjuaaang!

  4. revi says:

    permisi numpang tanya…
    dmn aku bisa dapat soal” Um bbrp thn llu…

    skalian jg mw tanya, kL FEB UGM menerima kelas ekstensi atau hanya program reguler saja… Q pengen nerusin studi S1 Akuntansi d UGM, kL hanya ada kelas reguler apa bisa transfer nilai, jd tinggal ambil mata kuliah yg belum d ambil dprogram D3 sebelumnya…. thx

    • Kalau alamat tepatnya sih aku kurang tahu,,browsing di google aja,,aku yakin buanyak banget dan lebih update😀

      Kalau seluruh fakultas di UGM sudah tidak bisa menerima mahasiswa sarjana ekstensi. Bahkan anak D3 disini yang ingin melanjutkan ke S1 pun sempat protes. Tapi kalau mbak revi masih bisa memenuhi syarat untuk mendaftar UM UGM kenapa tidak? hehehe atau bisa juga lewat jalur kemitraan..atau PBUPD lihat di http://um.ugm.ac.id

  5. aiuck says:

    numpang tanya juga ni ..
    aq kan anak ipa ..
    pengen banget tapi masuk psikologi ugm ..
    kalo aq mau ikut pmdk nya, tes ny ips juga y ?

    • wah prospeknya bagus,,,jurusan pertanian sekarang mulai kurang diminati padahal cooba pikirkan,,kehidupan ini selalu berkutat dengan pangan

      dan menurut aku prestasi dari pertanian UGM bisa disejajarkan dengan salah satu institut pertanian di bogor,,,

  6. Klo peternakan mz? Oya yg paling potensial di Fak.pertanian apa Fak.Teknik Pertanian, mz? Oya mz bisa recommend jur apa yang paling bagus untuk ipa yang sepi peminat? Ok thk bgt

    • Hehehe aku gak bisa ngasih rekomendasi apa-apa buat kamu, itu semua tergantung minat masing-masing orang. Tiap-tiap jurusan punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi memang setauku jurusan pertanian dan peternakan peminatnya semakin menurun, karena pengaruh lingkungan juga yang menganggap kerja sebagai petani dan peternak kurang prestise

  7. Chamid says:

    Mas Q pengen masuk FEB ambil akutansi.. Lah Q SMA nya dr ipa apa bisa… Apa tes nya nanti mata pelajaran ipa juga… Oiya lebih bgus D3 apa S1.. Thx

  8. salam kenal mas..
    aku anak ips yang pengen banget masuk psikologi UGM.
    itu kan ada Tes Potensi Akademik-nya kan ya??

    itu pengaruhnya buat masuk UGM seberapa??
    aku pernah ikut TPA di salahsatu bimbel terkenal,,
    dan hasilnya jelek banget.. hehe..

    mohon infonya ya mas..
    makasih udah share..😀

  9. @Azizah
    salam kenal juga azizah
    Semua peserta ujian masuk wajib mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA), jadi tidka hanya jurusan Psikologi aja

    TPA juga menjadi pertimbangan UGM untuk menerima mahasiswa, karena maksud dari TPA itu sendiri adalah untukmengetahui potensi belajar nanti saat kuliah

    gak usah berkecil hati, yang menyelenggarakan kan Bimbel itu kan bukan UGM? Pasti beda kok

    • Tes PBS UGM itu sama aja semuanya. DIsana bakal diketahui potensi belajar kamu pas kuliah nanti. Ya memang kedokteran salah satu fakultas paling diminati oleh calon mahasiswa jadinya lumayan ketat persaingannya. Masalah Kuota PBS itu memang tergantun fakultas masing-masing. jadi gak masalah….PBS pun tetap harus diperhatikan kualitas akademikna melalui nilai2 rapot yang justru lebih representatif, bukan hanya ‘dana’nya aja

  10. iezha says:

    misi, mas. saya iza.
    saya pengen masuk UGM jurusan akutansi
    tp saya dari IPA
    itu gimana mas?
    soal2 nya pelajaran IPS ya?
    masalahnya karna dari IPA saya gak tau apa2 ttg IPS.
    apa perlu les lagi?
    makasi🙂

  11. Buat Iza

    Ya itu resikonya,,kalau kamu mau masuk Akuntansi kenapa kamu harus di kelas IPA😀
    Hehehe tapi gak papa, asal kamu rajin berlajar IPS sering tanya ke teman kamu, pasti bisa kok. CUma ya melalui bimbel kamu akan dapat berbagai kelebihan lain. Semangat ya

  12. Wah kalo masalah diterima atau gak, kan pertimbangannya masing2. Ada yang gagal di wawancara, di Tes potensi akademik bahkan di administrasi. Bagaimana pun yang namanya terbatas pasti diambil yang terbaik. Hmmmm 15 besar ya? coba lihat di um.ugm.ac.id deh

  13. Vatjry says:

    K’, numpang tanya,,aq jrusan ipa tpi aq mau msuk psikologi UGM n q tng2al di Makassar, trus bgmna cra dftarx klo aq mw msuk psikologi UGM, ap aq hrus ke kmpusx UMG?? Atau ada cra lain???

  14. andrew says:

    misiii, mau tanya. saya anak ipa, mau ambil FEB akuntansi. bisa kan ikut kelompok ujian IPS ( bukan di IPC), soalnya saya sering denger harus ikut IPC.😦

  15. andrew says:

    saya mau tanya, sy kan UM bsok mau ambil akuntansi. bisa ikut IPS ga ujiannya ( bukan IPC)
    saya anak ipa, trus katanya kalau anak ipa yang mau ambil jurusan ips harus ikutan IPC ?

  16. andrew says:

    saya anak ipa, bsok um ugm rncana mau masuk FEB akuntansi. saya ikut tes ips bisa ga mas ?? bukan IPC lho, jd saya ikut kelompok IPS gitu… bisa ga??? cs saia denger kalo anak ipa kudu ikut IPC kl mao ambil jurusan IPS..hehehe. mohon dijawab ya

  17. ulfa says:

    kak, mau tanya. aku dari ipa mau ambil akuntansi lewat jalur pbs. klu pbs kan yang diujikan cuman kemampuan dasar ma tes bkat skolastik.

    klu soal TBS tu mirip TPA ya kak? soal-soal pbs yg matematika dasar gt juga mirip soal utul kan kak?
    makasih

  18. vijay says:

    mas, aq anak ipa yg pngen masuk psiko ny ugm.. kasih tips2 biar bs masuk psiko ugm dong, dulu pas mas ngerjain gimana? ko bisa sampe lolos?

  19. aziz says:

    askum……
    saya azis, mau menanyakan bagaimana caranya tranfer ke jurusan S1 statistik UGM. saya lulusan D3 statistik.

  20. nastiti says:

    mauu tanyaa mas…

    peminat untuk IPS paling banyak apa yaa??

    qlo UM itu SPMA pngruh gak??

    tyuz qlo ambiL pilihan itu harus diurutkan dari yg PG nya tggi mpe rendah yya??

  21. rahmat says:

    kak numpang tanya
    aku anak ips
    kira-kira jurusan yang peospeknya bagus apa ya?
    (bukan sombong nih – aku paling bisa pelajaran matematika, eko ama akuntans)

    mohon bantuanya
    MAKASIH

  22. bernadialupita says:

    mau tanya kalo jurusan pariwisata dan ilmu kominikasi di UGM prospek kedepan nya bagus ga ya ?

      • @haidilaa says:

        aslkm misi mas mau tnya, saya br kepikiran mau ikt UM UGM skrg, sya bimbang mau ambil gizi atau psikologi, sya anak IPA, jika sya mau ambil psikologi apakah kira2 saya sanggup menguasai materi dlam 2 minggu ? atau lebih baik fokus saja untk ambil gizi ? trmksh

      • cory an says:

        Kak, di awal ada yg komen ‘jangan masuk Biologi’ laah kenapa Jangan.? emang ada yg salah dengan prodi tersebut.? apa cuma Biologi UGM.?
        tolong dibales, makasih kaaak.!

  23. Della Septahany says:

    assalamu’alaikum.. salam kenal kak iwan.
    mau tanya nih soal info um ugm bwt th 2015 itu gmn? trs kalo aku mau ambil psikolog apa ada prsyaratan khusus? aku dari smk kak soalnya,
    ditunggu balasnnya, hehe. makasih ^_^

  24. delima says:

    kak, emang iya ya kalo milih jurusan2 di um ugm harus berhubungan semua? katanya anak ipc gaada yg lolos tu bener ga ya?

    • Gak harus, banyak yang lintas jurusan, asal tesnya bisa aja
      Aaah bohong hoax itu kalau ada yang bilang anak IPC gak ada yang lolos, hehehe

  25. Aminatuz Zuhriyah says:

    Kak mau nanya rencana saya kan msu masuk di fakultad psikologi, tp says dari sekilah yg berbasis pesanteren tp sejak kelas 2MA Sudah ada mapel psikologl dan sosiologi dan mapel2 umum lainnya.
    Kira kira saya bisa masuk ga ya?
    SEKOLAH SAYA PRRGURUAN ISLAM MATHOLI’UL FALAH kak.
    Kakak kelas saya juga ada yg kuliah S1 S2 di UGM.
    Terima kasih banyak atas jawabannya kak.

  26. Nurfitriyani says:

    Pemisi ka.. mau nanya kalo untuk jurusan fisika atau geofisika… peminatnya gimana ka… banyak gak ? Makasih

Leave a Reply

