PENJELASAN MENGENAI UGM

PENJELASAN MENGENAI UGM

SEKARANG BIAYA KULIAH DI UGM MAHAL

Mahal itu relatif, UGM adalah sebuah universitas riset internasional. UGM memiliki fasilitas yang lumayan lengkap seperti ruang kuliah yang ber AC, dosen yang rata-rata lulusan S2 atau S3, akses internet tanpa batas, perpustakaan yang lengkap dan lain-lain. Semua itu membutuhkan biaya Bung, yang pasti tidak kecil. Dan biaya yang mahal itu setimpal dengan apa yang kita dapatkan bukan? Apalagi UGM dah jadi BHMN, dengan statusnya ini UGM wajib mengelola swadaya kegiatan operasional kampus, termasuk biaya operasionalnya. Kalo mau murah ya siap-siap aja ke warnet terus, dosen yang gak semangat mengajar, sering mati lampu karena berhemat dan lain2.

ORANG MISKIN SULIT MASUK KULIAH DI UGM, KARENA FAKTOR BIAYA

SIAPA BILANG??? UGM itu jalur masuknya banyak. Salah satunya adalah PBUTM (Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu). Jalur ini buat orang miskin tetapi berprestasi. Jadi pengertian orang miskin sulit kuliah di UGM, harus dikliarifikasi, miskin yang bagaimana? Miskin tapi pintar atau miskin tapi malas(tidak ada orang bodoh). Yang sulit masuk adalah yang miskin tapi malas. Buat apa UGM memberikan kesempatan orang malas, kasian kan orang yang pintarnya. So kalo kalian merasa miskin tapi pintar, UGM akan menerima kalian dengan senang hati. Kalo kalian dah diterima UGM tiba2 ada kesulitan dana, tenang aja BEM Keluarga Mahasiswa UGM akan memberikan advokasi supaya diberikan keringanan oleh pihak rektorat.

MENGAPA PENDAFTARAN UJIAN TULIS KITA DISODORKAN PILIHAN ISIAN SPMA(SUMBANGAN PENINGKATAN MUTU AKADEMIK)

Fungsinya adalah supaya adil. Jadi calon mahasiswa yang secara finansialnya mampu diharapkan mengisi sumbangan yang lebih tinggi daripada Calon Mahasiswa yang kurang mampu. Jadi istilahnya subsidi silang begitu. Gak adilkan anak direksi bank sama anak petani miskin bayarnya SPMAnya sama.

BENARKAH UGM MELAKUKAN KOMERSIALISASI PENDIDIKAN

Komersialisasi itu misalnya dana operasional 1 miliar sedangkan pemasukan dari mahasiswa 2 miliar. Nah itu yang namanya komersialisasi (alias nyari untung). Inikan enggak, meskipun dah jadi BHMN, UGM masih dapet subsidi dari pemerintah meskipun kurang dari 40%. Nah total biaya yang dikeluarkan mahasiswa untuk menjadi Sarjana (terutama S1) jauh lebih kecil. Karena masih dapat subsidi antara lain dari Pemerintah, Sponsor, Perusahaan, Yayasan, dan badan usaha kepunyaan UGM.

UGM TIDAK MENJARING MAHASISWA DARI SELURUH INDONESIA?

Memang untuk saat ini Ujian Tulis UGM hanya deselenggarakan di sepuluh kota dengan alasan biaya operasional. Dan semoga saja Ujian Tulis UGM terselenggara di seluruh kota (minimal ibukota propinsi) agar dapat menjaring seluruh siswa terbaik di Indonesia.

MENGAPA DAYA TAMPUNG MAHASISWA MELALUI SPMB/SNMPTN SANGAT KECIL

Berdasarkan survei yang dilakukan UGM, ada perbedaan nilai IP antara mahasiswa SPMB dengan Mahasiswa Ujian Masuk (UTUL, PBS, PBOS, PBUTM, PBUPD). Dimana nilai IP Mahasiswa UM lebih tinggi daripada mahasiswa SPMB. WHY? karena di jalur masuk ada Tes Potensi Akademik, semacam tes IQ. Jadi sebagian besar mahasiswa yang lulus melalui UM memiliki potensi intelektual yang baik disamping nilai soal pelajaran yang tinggi. Sedangkan di SPMB, soalnya hanya mencakup pelajaran akademis saja, dan memungkinkan menjaring siswa yang hanya mengenal pola-pola soal SPMB tanpa memiliki kecerdasan intelektual

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s